Home » » Pengetahuan Agama Pengertian Nahdlatul Ulama

Pengetahuan Agama Pengertian Nahdlatul Ulama

Written By MI Ma'arif NU Karangnangka on Senin, 30 September 2013 | 00.26

Nahdlatul 'Ulama secara etimologi mempunyai arti kebangkitan ulama atau bangkitnya para ulama. Nahdlatul Ulama adalah sebuah organisasi yang didirikan sebagai tempat perhimpunan atau perkumpulan para ulama dan jama'ah ahlu sunnah wal jama'ah. Sedangkan menurut istilah Nahdlatul Ulama adalah jam'iyyah Diniyah yang memiliki faham Ahlu Sunnah wal Jama'ah yang didirikan pada tanggal 16 Rajab 1344 H/31 Januari 1926 M.

Kata al 'ulama adalah bentuk jama' dari kata al 'alim yang merupakan sekelompok orang yang memiliki kedalaman ilmu pengetahuan dan pengalaman agama islam. Selain itu menjadi sumber panutan dari berbagai masalah keagamaan dan kemasyarakatan.

Tujuan didirikannya Nahdlatul Ulama :
  1. Untuk memelihara, melestarikan, mengembangkan, dan mengamalkan ajaran islam yang behaluan Ahlu Sunnah wal Jama'ah serta menganut salah satu madzhab empat : Imam Syafi'i, Imam Maliki, Imam Hambali, dan Imam Hanafi.
  2. Mempersatukan langkah para ulama dan pengikutnya dalam melakukan kegiatan yang bertujuan menciptakan kemaslahatan masyarakat, kemajuan bangsa, ketinggian harkat, dan martabat manusia.
  3. Membangun dan mengembangkan insan masyarakat yang bertaqwa kepada Allah Swt, cerdas, terampil, berakhlak mulia, tentram, adil dan sejahtera.
  4. Memurnikan pemahaman syariat islam
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MIMA NU Kr. Nangka - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger