Home » » Pengetahuan Umum Konsep Dasar PTK

Pengetahuan Umum Konsep Dasar PTK

Written By MI Ma'arif NU Karangnangka on Selasa, 15 Oktober 2013 | 06.46

Assalamualaikum, Pembaca yang budiman ketemu lagi di blog MI Ma'arif NU Karangnangka, Kali ini kami akan sedikit bertukar ilmu tentang Konsep Dasar PTK atau Penelitian Tindakan Kelas, langsung saja,

Apa PTK itu?

Penelitaian pendidikan, pada umumnya, dilakukan oleh pakar atau peneliti, baik yang bekerja pada perguruan tinggi khususnya LPTK maupun di berbagai lembaga penelitian yang mandiri. Dengan pola yang seperti itu, tidak mustahil jika hasilnya berdampak pada kebijakan yang kebanyakan berlaku umum, acap kali tidak secara langsung sesuai dengan kebutuhan pada setiap interaksi pembelajaran di kelas yang sifatnya khas dan setempat. Kelas seringkali dijadikan kancah penelitian, namun permasalahan-permasalahan yang diteliti kurang dihayati oleh guru. Dengan kata lain, guru hanya dijadikan objek penelitian

Bertolak dari hal-hal tersebut maka muncul pemikiran mengapa penelitian tidak langsung sja dilakukan oleh guru sebagai pengajar yang mengetahui dengan pasti kebutuhan dan permasalahan yang ada di kelasnya. Dengan demikian hasil penelitian dapat diterapkan langsung dan cocok dengan situasi dan kondisi setempat. Maka akhir-akhir ini berkembang suatu penelitian tindakan berbasis pada kelas atau sekolah yang disebut dengan Penelitan Tindakan Kelas (PTK).

Sebagai suatu penelitian kelas, PTK mampu mengenali adanya kesulitan dalam proses belajar mengajar, baik dari segi guru atau pengajar, peserta didik, maupun interaksi komponen-komponen pembelajaran (bahan ajar, media, pendekatan, metode, strategi, seting kelas, penilaian), sehingga dapat mencari solusi yang tepat sesuai dengan situati dan kondisi real kelas tersebut. Dengan demikian lebih menjanjikan dampak langsung para pendidik untuk memperoleh "teori" yang langsung dibangunnya sendiri, bukan yang diberikan oelh pihak lain atau sebagai the theorizing practitioner.

Kemudian yang menjadi pertanyaan adalah apa pengertian PTK? dalam literatur bahasa inggris PTK disebut dengan classroom action research. Mengutip definisi yang dikemukakan oleh Stephen Kemmis seperti dikutip dalam D. Hopkins dalam bukunya yang berjudul A Teacher's Guide To Classroom Reasearch, Bristol, PA, Open University Press 1993 hal 44 dapat dijelaskan pengertian PTK adalah sebagai suatu bentuk kajian yang bersifat reflektif oleh pelaku tindakan, yang dilakukan untuk meningkatkan kemantapan rasional dari tindakan -tindakan mereka dalam melaksanakan tugas, memperdalam pemahaman terhadap tindakan-tindakan yang dilakukan itu, memperbaiki kondisi di mana praktek-praktek pembelajaran tersebut dilakukan, serta dilakukan secara kolaboratif.

Apa Tujuan PTK ?

Berdasarkan pengertian di atas, PTK berjuan untuk :
  1. Memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran
  2. Membantu memberdayakan guru dalam memecahkan masalah pembelajaran dikelas
  3. Mendorong guru untuk selalu berfikir kritis terhadap apa yang mereka lakukan sehingga menemukan teori sendiri yang tanpa tergantung teori-teori yang mutlak-mutlak yang bersifat universal yang ditemukan oleh pakar peneliti yang sering kali tidak cocok dengan situasi dan kondisi kelas.
Apa Manfaat PTK?

Manfaat yang didapat dari pelaksanaan PTK diantaranya :
  1. Inovasi pembelajaran (metode, media, evaluasi)
  2. Pengembangan kurikulum di tingkat kelas dan di tingkat sekolah
  3. Perbaikan dan atau peningkatan kinerja belajar dan kompetensi siswa
  4. Peningkatan profesionalisme guru
Oke sementara itu dulu, nanti akan lanjut para Karakteristik PTK dan Prinsip PTK, Assalamualaikum.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MIMA NU Kr. Nangka - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger