Home » » Pengertian Prestasi Belajar

Pengertian Prestasi Belajar

Written By MI Ma'arif NU Karangnangka on Kamis, 25 Juli 2013 | 15.08

Indikator Pencapaian Prestasi belajar
  • Perubahan bersifat intensional, dalam arti pengalaman atau praktik latihan itu dengan sengaja dan disadari dilakukan dan bukan secara kebetulan. Dengan demikian, perubahan karena kematangan,
    keletihan, atau penyakit tidak dapat dipandang sebagai prestasi belajar. Contohnya  belajar bermain gitar, seorang mencari pengetahuan tentang cara bermain gitar, setelah tahu tentang cara bermain gitar secara teori, dia mempraktikkan bagaimana bermain gitar yang baik. 
  • Perubahan bersifat positif, dalam arti sesuai dengan yang diharapkan (normatif), atau kriteria keberhasilan (criteria of succes), baik dipandang dari segi peserta didik maupun dari segi guru. Contohnya: seseorang yang tidak mampu membaca Al Qur’an dengan baik, melalui belajar mampu membaca Al Qur’an dengan baik. 
  • Perubahan bersifat efektif, dalam arti perubahan prestasi belajar itu relatif tetap, dan setiap saat diperlukan dapat direproduksikan dan dipergunakan, seperti dalam pemecahan masalah (problem solving), ujian, maupun dalam penyesuaian diri dalam kehidupan sehari-hari dalam rangka mempertahankan kelangsungan hidupnya. Contoh orang belajar Al Qur’an Hadits menjadikan orang tersebut dapat mengamalkan ibadah sehari-hari dengan baik.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MIMA NU Kr. Nangka - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger