Home » » Pengetahuan Agama Silsilah Sunan Gresik

Pengetahuan Agama Silsilah Sunan Gresik

Written By MI Ma'arif NU Karangnangka on Selasa, 01 Oktober 2013 | 05.53

Sunan Gresik atau Maulana Malik Ibrahin (wafat 1419 M/882 H) adalah nama salah seorang Wali Songo yang dianggap pertama kali menyebarkan agama Islam di tanah Jawwa. Ia dimakamkan di desa Gapura, kota Gresik, Jawa Timur.

Tidak terdapat bukti sejarah yang meyakinkan mengenai asal keturunan Maulana Malik Ibrahim, meskipun disepakati bahwa ia bukanlah orang asli Jawa. Sebutan Syekh Maghribi yang diberikan masyarakat padanya, kemungkinan menisbatkan asal keturunannya Maghribi, atau Maroko di Afrika Utara.

Babad tanah Jaei versi J.J Meinsma menyebutkan dengan nama Makhdum Ibrahin as Samarqandy, yang mengikuti penguapan lidah Jawa menjadi Syekh Ibrahim Asmarakandi. Ia memperkirakan bahwa Maulana Malik Ibrahim lahir di Samarkand. Asia Tengah pada paruh awal abad 14.

Dalam keterangannya pada buku The History Of Java mengenai asal mula dan perkembangan kota Gresik, Raffles menyatakan bahwa menurut penuturan para penulis lokal, " Maulana Ibrahim, seorang Pandita terkenal berasal dari Arabia, keturunan dari Jenal Abidin, dan sepupu Raja Chermen (Sebuah negara Sabrang) telah menetap bersama para Mahomedans lainya di Desa Leran di Janggala."

Namun demikian, kemungkinan pendapat yang terkuat adalah berdasarkan pembacaan J.P. Moquette atas baris kelima tulisan pada prasasti makamnya di desa Gapura Wetan, Gresik, yang mengindikasikan bahwa ia berasal dari Kshan, Suatu tempat di Iran sekarang.

Terdapat beberapa pendapat mengenai silsilah Maulana Malik Ibrahim, Ia pada umumnya dianggap merupakan keturunan Rasulullah Saw, melalui jalur Husain bin Ali, Ali Zaenal Abidin, Muhammad Al Baqir, Ja'far Ash Shadiq, Ali Al Uraidhi, Muhammad Al Naqib, Isa Ar Rumi, Ahmad Al Muhajir, Ubadullah, Alwi Awwal, Muhammad Sahibus Saumiah, Alwi Ast Stani, Ali Khali Qasam, Muhammad Shahib Mirbath, Alwi Ammi Al Faqih, Abdul Malik (Ahmad Khan), Abdullah (Al Azhamat) Khan, Ahmad Syah Jalal, Jamaluddin Akbar Al Husain (Maulana Akbar), dan Maulana Malik Ibrahim.

Demikian Sejarah singkat silsisal Sunan Gresik apabila ada kesalahan kami mohon maaf.
Ditulis Oleh : Aris Hidayat, S.Pd.I
 
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MIMA NU Kr. Nangka - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger