Home » » Pengetahuan Umum Karakteristik PTK

Pengetahuan Umum Karakteristik PTK

Written By MI Ma'arif NU Karangnangka on Selasa, 15 Oktober 2013 | 07.54

Assalamulaikum, para pembaca yang budiman, lanjut lagi kemasalah PTK pada posting yang lalu kami telah menjelaskan tentang pengerian PTK, tujuan dan manfaatnya, pada kesempatan ini kami juga akan berbagi ilmu tentang karakteristik dan prinsip PTK, selamat membaca.

Karakteristik PTK

Mengingat pentingnya PTK, agar lebih jelas dalam mendalaminya maka perlu memahami karakteristiknya sebagai berikut :
  1. Masalah yang diteliti adalah real/nyata yang dihadapi sehari-hari didalam kelas yang menjadi kewenangan guru (On The Job Problem Oriented)
  2. Berorientasi pada pemecahan masalah (Problem Solving Oriented) artinya penelitian tidak menghasilkan pengertian atau pemehaman suatu masalah, tetapi menghasilkan solusi atau pemecahan masalah yang ada.
  3. Berorientasi pada peningkatan kualitas (Improvement Oriented). Masing-masing komponen yang ada berkembang atau berubah kearah yang lebih baik.
  4. Berbagai cara pengumpulan data dipergunakan (Multiple data collectio), diantaranya dengan observasi, tes, wawancara, kuisener dan lain-lain.
  5. Bersifat berulang (Cyclic), artinya tindakan yang dilakukan secara berulang memalui urutan perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observing), dan refleksi (reflekting).
  6. Adanya kolaborasi dalam pelaksanaannya (collaborative) artinya dalam pelaksanaan tindakan harus bekerja sama dengan teman sejawat yang menjadi pengamat dan menjadi teman untuk evaluasi bersama.
Prinsip PTK

Menurut Hopkins (1993) ada enam prinsip penelitian tindakan kelas, yaitu :
  1. Tidak mengganggu komitmennya sebagai guru
  2. Metode pengumpulan data harus tidak mengganggu proses pembelajaran
  3. Metode peneltitian yang digunakan hendaknya yang dapat menjawab hipotesis
  4. Masalah yang dipilih hendaknya masalah yang benar-benar mengganggu dan guru berkomitmen untuk mengatasinya
  5. Guru harus konsisten dan perbaikan dan meningkatkan kualitas pembelajaran
  6. Cakupan permasalahan tidak dibatasi pada masalah pembelajaran dikelas, tetapi dapat diperluar pada tataran di luar kelas.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MIMA NU Kr. Nangka - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger