Latest Post

Pembelajaran Musik Tradisional Jambi

Written By MI Ma'arif NU Karangnangka on Kamis, 24 Oktober 2013 | 21.20

Pada mulanya seni musik daerah jambi merupakan seni musik yang masih bersifat tradisional. Namun seiring perkembangan zaman, maka alat-alat musik sudah banyak banyak memakai alat-alat musik modern. Akan tetapi alat-alat musik tradissional masih dipergunakan. Bahkan berusaha untuk dipertahankan.

Jenis-jenis alat musik tradisional Jambi yang masih dipertahankan sampai saat ini adalah sebagai berikut:
a. Genggong
b. Gendang
c. Tabuh
d. Rebana
e. Krenong
f. Kelintang
Seni Suara

Pada setiap kabupaten dan kota mempunyai ragam seni suara dengan syair dan khas daerah masing-masing, namun sesuainamun seni suatu daerah kini semakin usang dan tidak dikenal, karena telah dilanda dengan kehadiran lagu-lagu dangdut dan lagu pop. Namun demikian setiap daerah berusaha untuk kembali menghidupkan lagu-lagu daerah tersebut melalui rekaman, sehingga diharapkan nantinya dapat kembalai hidup dan dikenal oleh masyarakat
Beberapa jenis seni suara dari tiap-tiap daerah sebagai berikut:

1. Kota Jambi
a. Lagu Sekapur Sirih
b. Lagu Orang Kayo Hitam
c. Lagu Keris Seginjai

2. Kabupaten Batang Hari Dan Kabupaten Muaro Jambi
a. Lagu Batanghari
b. Lagu Nasib Badan
c. Lagu Merusak Hati

3. Kabuapaten Tanjung Jabung Timur Dan Tanjung Jabung Barat
a. Lagu Nelayan
b. Lagu Nasib Badan
c. Lagu Senandung Malam

4. Kabupaten Bungo Dan Kabupaten Tebo
a. Lagu Serampang Laut
b. Lagu Tumbuk Tebing
c. Lagu Pisang Dayak

5. Kabupaten Merangin Dan Kabupaten Sarolangun
a. Lagu Dagang Menumpang
b. Lagu Dendang Sayang
c. Lagu Ujung Tanjung

6. Kabupaten Kerinci
a. Lagu Tanjung Bajure
b. Lagu Tus-Tus
c. Lagu Bukasi Sayang

Pembelajaran Tari Piring

Written By MI Ma'arif NU Karangnangka on Selasa, 22 Oktober 2013 | 07.28

Pada awalnya, Tari Piring ini merupakan ritual ucapan rasa syukur masyarakat setempat kepada dewa-dewa setelah mendapatkan hasil panen yang melimpah ruah. Ritual dilakukan dengan membawa sesaji dalam bentuk makanan yang kemudian diletakkan di dalam piring sembari melangkah dengan gerakan yang dinamis.
Setelah masuknya agama Islam ke Minangkabau, tradisi Tari Piring tidak lagi digunakan sebagai ritual ucapan rasa syukur kepada dewa-dewa. Akan tetapi, tari tersebut digunakan sebagai sarana hiburan bagi masyarakat banyak yang ditampilkan pada acara-acara keramaian.

Di Malaysia , tarian piring dipersembahkan ketika majelis perkawinan terutama bagi keluarga berada, bangsawan dan hartawan di sebuah kampung. Tarian ini biasa dilihat di kawasan Seremban, Kuala Pilah dan Rembau oleh kumpulan tertentu. Ada yang dipersembahkan dengan pakaian lengkap dan pakaian tarian tidak lengkap. Sedikit bayaran akan dikenakan jika menjemput kumpulan tarian ini mempersembahkan tarian piring. 10 - 20 menit diperuntukkan untuk persembahan tarian ini.


 
Tarian piring dan silat dipersembahkan di hadapan mempelai di luar rumah. Majelis perkawinan atau sesuatu apa-apa majlis akan lebih meriah jika diadakan tarian piring. Namun begitu, segelintir masyarakat tidak dapat menerima kehadiran kumpulan tarian kerana dianggap ada percampuran lelaki dan perempuan. Bagi mengatasi masalah itu, kumpulan tarian disertai hanya gadis-gadis sahaja.
Kira-kira 8 (delapan) abad yang lalu, Tari Piring telah ada di wilayah kehulauan Melayu. Tari Piring identik dengan Sumatera Barat. Hingga masa kerajaan Sri Vilaya, eksistensinya masih ada bahkan semakin mentradisi. Pada saat masa-masa kejayaan kerajaan Majapahitlah, tepatnya abad ke-16, kerajaan Sri Vijaya dipaksa jatuh.
Namun demikian, Tari Piring tidak lantas ikut lenyap. Bahkan, Tari Piring mengalami perkembangan ke wilayah-wilayah Melayu lain seiring hengkangnya pengagum setia Sri Vijaya. Bergantinya pelaku peradaban memaksa adanya perubahan konsep, orientasi dan nilai pada Tari Piring.
Pada awalnya Tari Piring diperuntukkan buat sesembahan para dewa, dibarengi dengan penyediaan sesaji dalam bentuk makanan yang lezat-lezat. Tarian ini dibawakan oleh beberapa perempuan yang dengan penampilan khusus, berbusana indah, sopan, tertib, dan lemah lembut.
Dalam perjalanannya, orientasi atau tujuan sesembahan Tari Piring bergeser drastis. Ketika Islam datang, orientasi penyajian tidak lagi tertuju pada para dewa, namun dipersembahkan kepada para raja dan pejabat, khususnya saat ada pertemuan atau forum khusus dan istimewa lainnya. Selain itu, Tari Piring juga semakin populer dan tidak hanya dikonsumsi oleh kalangan elit tertentu.
Tidak cukup sampai disitu, perubahan orientasi terus dilakukan. Arti dan makna Tari Piring diartikan secara agak luas. Dalam konteks ini, raja tidak harus kepala negara atau pemimpin kekusaan politik pada rakyatnya, tapi bisa dianalogikan dengan sepasang pengantin. Sang pengantin adalah raja, yaitu “raja sehari”. Karena itulah tradisi Tari Piring kerap dipersembahkan dihadapan “raja sehari” (pengantin) saat bersanding dipelaminan dalam acara walimatul ‘arsy. 

Tari Piring atau dalam bahasa Minangkabau disebut dengan Tari Piriang, adalah salah satu jenis Seni Tari yang berasal dari Sumatra Barat yaitu masyarakat Minangkabau disebut dengan Tari Piring karena para penari saat menari membawa piring.
Pada awalnya dulu kala Tari Piring diciptakan untuk memberi persembahan kepada para dewa ketika memasuki masa panen, tapi setelah datangnya agama islam di Minangkabau Tari Piring tidak lagi untuk persembahan para dewa tapi ditujukan bagi majlis-majlis keramaian yang dihadiri oleh para raja atau para pembesar negeri, Tari Piring juga dipakai dalam acara keramaian lain misalnya seperti pada acara pesta perkawinan.
Mengenai waktu kemunculan pertama kali Tari Piring ini belum diketahui pasti, tapi dipercaya bahwa Tari Piring telah ada di kepulaian melayu sejak lebih dari 800 tahun yang lalu. Tari Piring juga dipercaya telah ada di Sumatra barat dan berkembang hingga pada zaman Sri Wijaya. Setelah kemunculan Majapahit pada abad ke 16 yang menjatuhkan Sri Wijaya, telah mendorong Tari Piring berkembang ke negeri-negeri melayu yang lain bersamaan dengan pelarian orang-orang sri wijaya saat itu.

Kesenian Tari Sasak Dari Lombok






Tari sasak dari  Lombok. Gandrung rembak berarti gandrung banyak, maksudnya tari gandrung yang ditarikan oleh beberapa orang penari.

Pada awalnya gandrung adalah seni pertunjukan rakyat yang hidup berkembang di tengah-tengah masyarakat Lombok. Ditampil­kan di arena terbuka yang dikelilingi penonton, dengan waktu penyajian yang panjang yaitu lebih kurang 3 jam, gerakan-gerakan­nya bersifat improvisasi meskipun terdapat gerak-gerak tertentu yang menjadi ciri khas gerak pada tari tersebut, yaitu ngindang, gabor seriak, ngecok, dan tindak barong. Ditarikan seorang penari laki-laki yang berbusana wanita.


Untuk mengangkat tad gandrung pada panggung prosenium, pada tahun 1991 diadakan penataan tari gandrung oleh Abdul Hamid dan Dra. Luh Putu Sari Ekayani dengan menambah jumlah penari menjadi 5 orang penari wanita dan diberi nama Gandrung Rembak, dengan waktu penyajian 7 menit.

Gandrung merupakan tari pergaulan muda-mudi dan bersifat hiburan. Struktur penyajiannya terbagi menjadi 4 bagian, yaitu :

Bapangan, menggambarkan seorang gadis yang ingin menarik perhatian lawan jenisnya dengan memperlihatkan kemampu­annya sendiri.
Tangis, penggambaran perasaan rindu pada seseorang untuk diajak berkomunikasi, diungkapkan Iewat link lagu.
Penepekan, memilih seorang yang disenangi untuk diajak menari. Calon penari yang terpilih dinyatakan dengan sentuhan kipas (nepek) oleh penari gandrung.
Pengibingan, pengibingan berasal dari kata ngibing yang berarti menari bersama (antara penari gandrung dan penonton yang ditepek).
Penari memakai busana kain panjang, baju lengan panjang, kemben, gelung, ampok-ampok, bapang dan membawa property kipas. Pada bagian gelung dilengkapi dengan semacam senjata dari bambu yang diruncingkan, gunanya untuk melindungi dari gangguan pasangan menari yang nakal (kurang sopan).//lombokku.com

Pengetahuan Umum Karakteristik PTK

Written By MI Ma'arif NU Karangnangka on Selasa, 15 Oktober 2013 | 07.54

Assalamulaikum, para pembaca yang budiman, lanjut lagi kemasalah PTK pada posting yang lalu kami telah menjelaskan tentang pengerian PTK, tujuan dan manfaatnya, pada kesempatan ini kami juga akan berbagi ilmu tentang karakteristik dan prinsip PTK, selamat membaca.

Karakteristik PTK

Mengingat pentingnya PTK, agar lebih jelas dalam mendalaminya maka perlu memahami karakteristiknya sebagai berikut :
  1. Masalah yang diteliti adalah real/nyata yang dihadapi sehari-hari didalam kelas yang menjadi kewenangan guru (On The Job Problem Oriented)
  2. Berorientasi pada pemecahan masalah (Problem Solving Oriented) artinya penelitian tidak menghasilkan pengertian atau pemehaman suatu masalah, tetapi menghasilkan solusi atau pemecahan masalah yang ada.
  3. Berorientasi pada peningkatan kualitas (Improvement Oriented). Masing-masing komponen yang ada berkembang atau berubah kearah yang lebih baik.
  4. Berbagai cara pengumpulan data dipergunakan (Multiple data collectio), diantaranya dengan observasi, tes, wawancara, kuisener dan lain-lain.
  5. Bersifat berulang (Cyclic), artinya tindakan yang dilakukan secara berulang memalui urutan perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observing), dan refleksi (reflekting).
  6. Adanya kolaborasi dalam pelaksanaannya (collaborative) artinya dalam pelaksanaan tindakan harus bekerja sama dengan teman sejawat yang menjadi pengamat dan menjadi teman untuk evaluasi bersama.
Prinsip PTK

Menurut Hopkins (1993) ada enam prinsip penelitian tindakan kelas, yaitu :
  1. Tidak mengganggu komitmennya sebagai guru
  2. Metode pengumpulan data harus tidak mengganggu proses pembelajaran
  3. Metode peneltitian yang digunakan hendaknya yang dapat menjawab hipotesis
  4. Masalah yang dipilih hendaknya masalah yang benar-benar mengganggu dan guru berkomitmen untuk mengatasinya
  5. Guru harus konsisten dan perbaikan dan meningkatkan kualitas pembelajaran
  6. Cakupan permasalahan tidak dibatasi pada masalah pembelajaran dikelas, tetapi dapat diperluar pada tataran di luar kelas.

Pengetahuan Umum Konsep Dasar PTK

Assalamualaikum, Pembaca yang budiman ketemu lagi di blog MI Ma'arif NU Karangnangka, Kali ini kami akan sedikit bertukar ilmu tentang Konsep Dasar PTK atau Penelitian Tindakan Kelas, langsung saja,

Apa PTK itu?

Penelitaian pendidikan, pada umumnya, dilakukan oleh pakar atau peneliti, baik yang bekerja pada perguruan tinggi khususnya LPTK maupun di berbagai lembaga penelitian yang mandiri. Dengan pola yang seperti itu, tidak mustahil jika hasilnya berdampak pada kebijakan yang kebanyakan berlaku umum, acap kali tidak secara langsung sesuai dengan kebutuhan pada setiap interaksi pembelajaran di kelas yang sifatnya khas dan setempat. Kelas seringkali dijadikan kancah penelitian, namun permasalahan-permasalahan yang diteliti kurang dihayati oleh guru. Dengan kata lain, guru hanya dijadikan objek penelitian

Bertolak dari hal-hal tersebut maka muncul pemikiran mengapa penelitian tidak langsung sja dilakukan oleh guru sebagai pengajar yang mengetahui dengan pasti kebutuhan dan permasalahan yang ada di kelasnya. Dengan demikian hasil penelitian dapat diterapkan langsung dan cocok dengan situasi dan kondisi setempat. Maka akhir-akhir ini berkembang suatu penelitian tindakan berbasis pada kelas atau sekolah yang disebut dengan Penelitan Tindakan Kelas (PTK).

Sebagai suatu penelitian kelas, PTK mampu mengenali adanya kesulitan dalam proses belajar mengajar, baik dari segi guru atau pengajar, peserta didik, maupun interaksi komponen-komponen pembelajaran (bahan ajar, media, pendekatan, metode, strategi, seting kelas, penilaian), sehingga dapat mencari solusi yang tepat sesuai dengan situati dan kondisi real kelas tersebut. Dengan demikian lebih menjanjikan dampak langsung para pendidik untuk memperoleh "teori" yang langsung dibangunnya sendiri, bukan yang diberikan oelh pihak lain atau sebagai the theorizing practitioner.

Kemudian yang menjadi pertanyaan adalah apa pengertian PTK? dalam literatur bahasa inggris PTK disebut dengan classroom action research. Mengutip definisi yang dikemukakan oleh Stephen Kemmis seperti dikutip dalam D. Hopkins dalam bukunya yang berjudul A Teacher's Guide To Classroom Reasearch, Bristol, PA, Open University Press 1993 hal 44 dapat dijelaskan pengertian PTK adalah sebagai suatu bentuk kajian yang bersifat reflektif oleh pelaku tindakan, yang dilakukan untuk meningkatkan kemantapan rasional dari tindakan -tindakan mereka dalam melaksanakan tugas, memperdalam pemahaman terhadap tindakan-tindakan yang dilakukan itu, memperbaiki kondisi di mana praktek-praktek pembelajaran tersebut dilakukan, serta dilakukan secara kolaboratif.

Apa Tujuan PTK ?

Berdasarkan pengertian di atas, PTK berjuan untuk :
  1. Memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran
  2. Membantu memberdayakan guru dalam memecahkan masalah pembelajaran dikelas
  3. Mendorong guru untuk selalu berfikir kritis terhadap apa yang mereka lakukan sehingga menemukan teori sendiri yang tanpa tergantung teori-teori yang mutlak-mutlak yang bersifat universal yang ditemukan oleh pakar peneliti yang sering kali tidak cocok dengan situasi dan kondisi kelas.
Apa Manfaat PTK?

Manfaat yang didapat dari pelaksanaan PTK diantaranya :
  1. Inovasi pembelajaran (metode, media, evaluasi)
  2. Pengembangan kurikulum di tingkat kelas dan di tingkat sekolah
  3. Perbaikan dan atau peningkatan kinerja belajar dan kompetensi siswa
  4. Peningkatan profesionalisme guru
Oke sementara itu dulu, nanti akan lanjut para Karakteristik PTK dan Prinsip PTK, Assalamualaikum.

Teknologi Alat Pengukur Udara

Written By MI Ma'arif NU Karangnangka on Minggu, 13 Oktober 2013 | 16.02

YES Plus LGA adalah alat pengukur udara multi-gas kualitas udara pemantauan dan informasi alat rekaman yang secara bersamaan mengukur dan catatan hingga lima belas sensor. Dengan lebih dari 30 steker yang berbeda dan sensor permainan untuk memilih dari, pengguna dapat memantau secara akurat lebih dalam, satu mudah untuk membawa instrumen.
Menampilkan sensor kapasitas saluran termasuk lima belas RH dan Temperature, YES Plus LGA dapat menangani hingga 12 tambahan plug & play sensor yang terdiri dari maksimal delapan beracun elektrokimia sensor gas atau oksigen, empat sensor imbang tinggi saat ini seperti PID inframerah atau katalitik, dan sensor jarak jauh partikulat seperti YESDUST tersebut.
Itu, besar backlit, multi-line bergulir layar LCD menunjukkan jenis sensor dipasang dan diukur nilai untuk setiap gas, status baterai dan banyak lagi. Sistem ini memanfaatkan hidup lama isi ulang baterai NiMH menyediakan lebih dari 24-jam waktu berjalan, tergantung pada array sensor diinstal. Pengguna juga dapat mengatur satu tingkat alarm untuk masing-masing gas untuk mengaktifkan alarm bunyi internal. Sistem ini ditempatkan di sebuah kandang ABS kasar dengan pegangan putar untuk bertindak sebagai dukungan berdiri atau untuk membawa instrumen.
Sebuah sampel udara dari lingkungan target dikirim ke sensor melalui "sampling aktif" oleh pompa imbang sampel internal. Lebih dari satu juta titik data dapat ditebang dan disimpan pada kartu built-in flash SD untuk kenyamanan.
Paket YA Logger opsional terdiri dari SD 2 GB kartu flash, kabel USB, YES perangkat lunak Viewer, dan flash SD card reader. SD kartu flash pembaca menyimpan data dan dapat ditransfer. Atau, data dapat didownload melalui instrumen menggunakan koneksi USB standar. Viewer YES perangkat lunak PC akan memungkinkan pengguna untuk menganalisis dan data grafik.

 
Application:
Residential Buildings
Commercial Buildings
Hospitals
Laboratories
Research Facilities
Parking Garages
and many more
Key Features:
 15 sensor capacity
 >30 plug & play sensor choices
 Extensive, easy to use menu system
 Rugged ABS enclosure with swivel handle acts as stand support
 Internal sample pump with inline filter
 Large, backlit, multi-line, LCD display
Data logging to SD flash card
Menu control positive sampling
 RoHS compliant circuit boards
Specification:
Power Requirement: Rechargeable NiMH battery pack: 18 - 24 hours of continuous operation time (dependent upon the sensor array installed), c/w plug-in battery charger / 12 VDC wall adapter (100 - 240 VAC; 50 - 60 Hz)
Circuit: Powerful microprocessor, user configurable
Sample: Internal, automatic sample pump for “active” sampling of target environment
Operating Temperature: 5°C to 50°C (41°F to 122°F)
Humidity: 0 - 99% RH non-condensing
Note: Measurements above are sensor dependent.
Pending Certification:
CE standards for safety: I.S.EN61010-1:2001 (Ed.2)
CE standards for emissions: EN 50270:2006
CE standards for immunity: EN 50270:2006
Jakarta, Seruu.com - BMW Group Indonesia menampilkan mahasiswa-mahasiswi berbakat yang tergabung dalam BMW Apprentice selama berlangsungnya Indonesia International Motor Show 2013.  BMW Apprentice adalah bagian dari program Corporate Social Responsibility BMW Group Indonesia yang bertujuan untuk membangun generasi muda calon pemimpin masa depan Indonesia.
“BMW Group adalah salah satu perusahaan yang paling dikagumi di dunia dan menjadi impian tempat bekerja bagi para mahasiswa,” menurut Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur BMW Group Indonesia.

“Kami sangat bangga dapat memberikan kesempatan bagi ke-13 mahasiswa yang tergabung dalam BMW Apprentice untuk mendapatkan pelatihan dan pengembangan langsung oleh jajaran manajemen BMW Group Indonesia.  Mereka menjadi duta BMW dari kalangan generasi muda.”tambah Ramesh dalam siaran persnya, Kamis (26/9/2013).

Proses pemilihan kandidat  BMW Apprentice dimulai pada awal 2013 melalui beberapa universitas terkemuka di Jakarta. Program ini mendapatkan respon yang sangat positif dari para mahasiswa, dengan total aplikasi pendaftaran yang masuk lebih dari 150 formulir pendaftaran. Proses  seleksi dilakukan dengan ketat, termasuk didalamnya membuat propososal untuk BMW dan mempresentasikannya dihadapan manajemen BMW Indonesia.

Sejak dimulainya program BMW Apprentice pada bulan Juni 2013 lalu, para mahasiswa terpilih ini telah mendapatkan beragam pelatihan. Mulai dari pengetahuan seputar strategi bisnis dan pemasaran, pengembangan kemampuan untuk berbicara di depan publik dan pengetahuan seputar brand BMW, kendaraan dan layanannya.
Keterlibatan BMW Apprentice dalam ajang pameran otomotif paling bergengsi di Indonesia, merupakan pengalaman yang sangat berharga.

Selama pameran IIMS 2013 berlangsung, untuk pertama kalinya BMW Group Indonesia menampilkan BMW Apprentice untuk menyambut para pengunjung serta memberikan informasi lengkap seputar rangkaian model kendaraan BMW yang ditampilkan. BMW Apprentice tidak hanya menjawab pertanyaan seputar rangkaian model kendaraan BMW tetapi juga membantu pengunjung untuk memilih model kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Keberadaan BMW Apprentice menjadi keunikan tersendiri yang membedakan BMW dengan brand lain yang hadir di IIMS 2013.

Program pelatihan dan pengembangan bagi BMW Apprentice akan dilakukan secara konsisten di waktu yang akan datang termasuk kesempatan bagi salah satu BMW Apprentice untuk berkunjung ke kantor pusat BMW Group di Munich untuk mendapatkan pengalaman meninjau langsung pusat riset dan pengembangan serta perakitan kendaraan BMW. [Irm]
- See more at: http://www.seruu.com/advertorial/event-a-pameran/artikel/bmw-group-tampilkan-bmw-apprentice-di-iims-2013#sthash.qNUtyESq.dpuf

Jakarta, Seruu.com - BMW Group Indonesia menampilkan mahasiswa-mahasiswi berbakat yang tergabung dalam BMW Apprentice selama berlangsungnya Indonesia International Motor Show 2013.  BMW Apprentice adalah bagian dari program Corporate Social Responsibility BMW Group Indonesia yang bertujuan untuk membangun generasi muda calon pemimpin masa depan Indonesia.
“BMW Group adalah salah satu perusahaan yang paling dikagumi di dunia dan menjadi impian tempat bekerja bagi para mahasiswa,” menurut Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur BMW Group Indonesia.

“Kami sangat bangga dapat memberikan kesempatan bagi ke-13 mahasiswa yang tergabung dalam BMW Apprentice untuk mendapatkan pelatihan dan pengembangan langsung oleh jajaran manajemen BMW Group Indonesia.  Mereka menjadi duta BMW dari kalangan generasi muda.”tambah Ramesh dalam siaran persnya, Kamis (26/9/2013).

Proses pemilihan kandidat  BMW Apprentice dimulai pada awal 2013 melalui beberapa universitas terkemuka di Jakarta. Program ini mendapatkan respon yang sangat positif dari para mahasiswa, dengan total aplikasi pendaftaran yang masuk lebih dari 150 formulir pendaftaran. Proses  seleksi dilakukan dengan ketat, termasuk didalamnya membuat propososal untuk BMW dan mempresentasikannya dihadapan manajemen BMW Indonesia.

Sejak dimulainya program BMW Apprentice pada bulan Juni 2013 lalu, para mahasiswa terpilih ini telah mendapatkan beragam pelatihan. Mulai dari pengetahuan seputar strategi bisnis dan pemasaran, pengembangan kemampuan untuk berbicara di depan publik dan pengetahuan seputar brand BMW, kendaraan dan layanannya.
Keterlibatan BMW Apprentice dalam ajang pameran otomotif paling bergengsi di Indonesia, merupakan pengalaman yang sangat berharga.

Selama pameran IIMS 2013 berlangsung, untuk pertama kalinya BMW Group Indonesia menampilkan BMW Apprentice untuk menyambut para pengunjung serta memberikan informasi lengkap seputar rangkaian model kendaraan BMW yang ditampilkan. BMW Apprentice tidak hanya menjawab pertanyaan seputar rangkaian model kendaraan BMW tetapi juga membantu pengunjung untuk memilih model kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Keberadaan BMW Apprentice menjadi keunikan tersendiri yang membedakan BMW dengan brand lain yang hadir di IIMS 2013.

Program pelatihan dan pengembangan bagi BMW Apprentice akan dilakukan secara konsisten di waktu yang akan datang termasuk kesempatan bagi salah satu BMW Apprentice untuk berkunjung ke kantor pusat BMW Group di Munich untuk mendapatkan pengalaman meninjau langsung pusat riset dan pengembangan serta perakitan kendaraan BMW. [Irm]
- See more at: http://www.seruu.com/advertorial/event-a-pameran/artikel/bmw-group-tampilkan-bmw-apprentice-di-iims-2013#sthash.qNUtyESq.dpuf
Jakarta, Seruu.com - BMW Group Indonesia menampilkan mahasiswa-mahasiswi berbakat yang tergabung dalam BMW Apprentice selama berlangsungnya Indonesia International Motor Show 2013.  BMW Apprentice adalah bagian dari program Corporate Social Responsibility BMW Group Indonesia yang bertujuan untuk membangun generasi muda calon pemimpin masa depan Indonesia. - See more at: http://www.seruu.com/advertorial/event-a-pameran/artikel/bmw-group-tampilkan-bmw-apprentice-di-iims-2013#sthash.qNUtyESq.dpuf
Jakarta, Seruu.com - BMW Group Indonesia menampilkan mahasiswa-mahasiswi berbakat yang tergabung dalam BMW Apprentice selama berlangsungnya Indonesia International Motor Show 2013.  BMW Apprentice adalah bagian dari program Corporate Social Responsibility BMW Group Indonesia yang bertujuan untuk membangun generasi muda calon pemimpin masa depan Indonesia.
“BMW Group adalah salah satu perusahaan yang paling dikagumi di dunia dan menjadi impian tempat bekerja bagi para mahasiswa,” menurut Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur BMW Group Indonesia.
- See more at: http://www.seruu.com/advertorial/event-a-pameran/artikel/bmw-group-tampilkan-bmw-apprentice-di-iims-2013#sthash.qNUtyESq.dpuf
Jakarta, Seruu.com - BMW Group Indonesia menampilkan mahasiswa-mahasiswi berbakat yang tergabung dalam BMW Apprentice selama berlangsungnya Indonesia International Motor Show 2013.  BMW Apprentice adalah bagian dari program Corporate Social Responsibility BMW Group Indonesia yang bertujuan untuk membangun generasi muda calon pemimpin masa depan Indonesia.
“BMW Group adalah salah satu perusahaan yang paling dikagumi di dunia dan menjadi impian tempat bekerja bagi para mahasiswa,” menurut Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur BMW Group Indonesia.
- See more at: http://www.seruu.com/advertorial/event-a-pameran/artikel/bmw-group-tampilkan-bmw-apprentice-di-iims-2013#sthash.qNUtyESq.dpuf
Jakarta, Seruu.com - BMW Group Indonesia menampilkan mahasiswa-mahasiswi berbakat yang tergabung dalam BMW Apprentice selama berlangsungnya Indonesia International Motor Show 2013.  BMW Apprentice adalah bagian dari program Corporate Social Responsibility BMW Group Indonesia yang bertujuan untuk membangun generasi muda calon pemimpin masa depan Indonesia.
“BMW Group adalah salah satu perusahaan yang paling dikagumi di dunia dan menjadi impian tempat bekerja bagi para mahasiswa,” menurut Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur BMW Group Indonesia.
- See more at: http://www.seruu.com/advertorial/event-a-pameran/artikel/bmw-group-tampilkan-bmw-apprentice-di-iims-2013#sthash.qNUtyESq.dpuf
Jakarta, Seruu.com - BMW Group Indonesia menampilkan mahasiswa-mahasiswi berbakat yang tergabung dalam BMW Apprentice selama berlangsungnya Indonesia International Motor Show 2013.  BMW Apprentice adalah bagian dari program Corporate Social Responsibility BMW Group Indonesia yang bertujuan untuk membangun generasi muda calon pemimpin masa depan Indonesia.
“BMW Group adalah salah satu perusahaan yang paling dikagumi di dunia dan menjadi impian tempat bekerja bagi para mahasiswa,” menurut Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur BMW Group Indonesia.

“Kami sangat bangga dapat memberikan kesempatan bagi ke-13 mahasiswa yang tergabung dalam BMW Apprentice untuk mendapatkan pelatihan dan pengembangan langsung oleh jajaran manajemen BMW Group Indonesia.  Mereka menjadi duta BMW dari kalangan generasi muda.”tambah Ramesh dalam siaran persnya, Kamis (26/9/2013).

Proses pemilihan kandidat  BMW Apprentice dimulai pada awal 2013 melalui beberapa universitas terkemuka di Jakarta. Program ini mendapatkan respon yang sangat positif dari para mahasiswa, dengan total aplikasi pendaftaran yang masuk lebih dari 150 formulir pendaftaran. Proses  seleksi dilakukan dengan ketat, termasuk didalamnya membuat propososal untuk BMW dan mempresentasikannya dihadapan manajemen BMW Indonesia.

Sejak dimulainya program BMW Apprentice pada bulan Juni 2013 lalu, para mahasiswa terpilih ini telah mendapatkan beragam pelatihan. Mulai dari pengetahuan seputar strategi bisnis dan pemasaran, pengembangan kemampuan untuk berbicara di depan publik dan pengetahuan seputar brand BMW, kendaraan dan layanannya.
Keterlibatan BMW Apprentice dalam ajang pameran otomotif paling bergengsi di Indonesia, merupakan pengalaman yang sangat berharga.

Selama pameran IIMS 2013 berlangsung, untuk pertama kalinya BMW Group Indonesia menampilkan BMW Apprentice untuk menyambut para pengunjung serta memberikan informasi lengkap seputar rangkaian model kendaraan BMW yang ditampilkan. BMW Apprentice tidak hanya menjawab pertanyaan seputar rangkaian model kendaraan BMW tetapi juga membantu pengunjung untuk memilih model kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Keberadaan BMW Apprentice menjadi keunikan tersendiri yang membedakan BMW dengan brand lain yang hadir di IIMS 2013.

Program pelatihan dan pengembangan bagi BMW Apprentice akan dilakukan secara konsisten di waktu yang akan datang termasuk kesempatan bagi salah satu BMW Apprentice untuk berkunjung ke kantor pusat BMW Group di Munich untuk mendapatkan pengalaman meninjau langsung pusat riset dan pengembangan serta perakitan kendaraan BMW
- See more at: http://www.seruu.com/advertorial/event-a-pameran/artikel/bmw-group-tampilkan-bmw-apprentice-di-iims-2013#sthash.qNUtyESq.dpuf

Masalah Remaja Pada Pembelajaran

Written By MI Ma'arif NU Karangnangka on Sabtu, 12 Oktober 2013 | 19.49

 
  Masalah remaja pada pembelajaran diantaranya :

Ada dua golongan besar yang termasuk faktor luar yang mempengaruhi manusia. Dua golongan itu ialah golongan organis, yaitu manusia, binatang dan tumbuh-tumbuhan, dan golongan anorganis, termasuk didalamnya adalah keadaan alam dan benda-benda.
Ini semua ikut memberi warna dalam perkembangan seseorang. Oleh karena itu sikap seseorang anak kota berlainan dengan anak desa. Bukan perbedaan kualitas dan yang lainnya, melainkan hanya berbeda dalam bentuk atau gambarnya. Perbedaan ini disebabkan oleh factor dalamnya.
Suatu contoh: Pada suatu hari, di sebuah desa kedatangan seseorang dari kota, yang berpakaian rapi, mencari burung dengan senjata angin, dengan naik mobil dan membeli apa saja yang dapat dibeli untuk oleh-oleh. Kedatangan orang itu membawa pengaruh banyak sekali kepada anak-anak desa itu. Yang seorang tertarik dengan pakaiannya yang rapi, sehingga anak itu menjadi seorang gubernur, yang seorang lagi tertarik oleh senapannya, akhirnya anak itu tumbuh menjadi seorang jendral, yang seorang lagi tertarik oleh uangnya yang banyak, sehingga akhirnya anak itu tumbuh menjadi lintah darat, dan sebagainya.
Dengan contoh di atas, mengertilah kiranya apa yang dimaksud oleh WILLIAM STERN dengan teorinya itu. Dan inilah yang menyebabkan tidak satupun seseorang yang sama dengan orang lain, dalam bentuk atau gambarnya, sekalipun orang itu kembar dari sebuah telur.[1]
2. Faktor Dalam, Faktor Dasar (intern)
a. Perkembangan Seksualitas
Terbawa oleh perkembangan jasmani yang mendekati dalam masa remaja ini, matang jugalah kelenjar-kelenjar kelamin dalam dirinya, baik bagi anak putri maupun bagi anak putra. Hal ini menumbuhkan adanya desakan-desakan baru didalam jiwa si anak, yaitu desakan yang menghendaki layanan seksualitas. Inilah sebabnya anak putra dan anak putri saling bersedia kembali bekerjasama seperti sebelum berpisah pada fase pueral.
Kesediaan bekerjasama yang lebih mendalam (sampai pemenuhan kebutuhan) rohani ini, menyebabkan keduanya saling menyelidik, sampai di manakah kiranya seluruh kebutuhan ini dapat dilayani oleh lawan jenisnya ini. Tentulah makin cepat mereka mendapatkan pelayanan berarti makin mudah mendapatkan pemenuhan dan itu berarti kurang teliti dalam memilihnya.
Perkawinan semacam inilah yang sering menyebabkan perceraian, oleh karena itu di kemudian hari ternyata pelayanan itu tidak menyeluruh. Untuk mencegah agar hal-hal yang tidak dikehendaki semacam itu, perlu diteliti terlebih dahulu, apakah pertumbuhan kepada lain jenis itu disertai sikap saling hormat menghormati, harga menghargai dan saling melindungi. Bila sifat-sifat itu juga didalamnya, dapat diharapkan bahwa kebutuhan pemenuhan perkembangan seksualitas yang mendesak diri remaja tersebut dapat bertemu didalam bentuk perkawinan yang bahagia.
b. Perkembangan Fantasi
Perkembangan fantasi ini, bermula pada fase kanak-kanak. Tetapi arah perkembangannya berubah pada waktu fase remaja. Setelah menyaksikan tumbuhnya tubuh yang lain dari biasanya pada lawan jenisnya. Melihat itu, mereka saling berfantasi, oleh karena keduanya saling tidak mengerti apakah faedahnya sebelum ia melakukan fungsinya yang sebenarnya.
Si laki-laki bangga dengan kumisnya, tetapi ia tidak mengerti untuk apakah sebenarnya kumis itu. Si wanita bangga dengan miliknya yang menghiasi dadanya, tetapi ia pun belum mengerti faedahnya sebelum kelahiran bayinya. Keduanya saling berfantasi, dan demikian suburlah perkembangan fantasi remaja waktu itu. Dan inilah yang dipergunakan sebagai modal untuk menulis surat dengan bunga-bunga bahasa yang dirasakan bagus sekali untuk dinikmati. Inilah sebabnya mengapa masalah cinta pertama yang sering sukar dihapuskan bekasnya bagi siapapun juga yang mengalaminya.
c. Perkembangan Emosi
Perkembangan ini mulai nampak pada masa remaja fase negative. Pada saat itu emosi remaja serba tidak menentu. Ia sangat gelisah tetapi ia tidak mengerti, mengapa ia demikian resah, gelisah, sedih. Ia bersikap menolak perintah, harapan, anjuran, maupun keinginan orang tua/gurunya, tetapi ia tidak mengerti apa yang akan diperbuat setelah menolak semuanya itu.
Pada akhir fase ini, ia berusaha untuk menjadi pusat perhatian dari lingkungannya. Ia bersikap egois, bahkan ia merasa serba super, sehingga mau tidak mau lawan jenisnya tertarik, mengagumi dan akhirnya berserah diri padanya. Darahnya mudah menggelora, ia adalah pemberani yang kadang-kadang kurang perhitungan, tingkah lakunya kasar, penaik darah, mudah tersinggung dan tidak takut mati. Ini semua hanya berlangsung singkat, kemudian ia berkembang menjadi harmonis sedikit demi sedikit.
Ia mulai memuja sesuatu yang baik, apakah itu keadaan alam, sesuatu hasil seni ataukah itu lawan jenisnya. Ia bersikap memuja, baik kepada gurunya yang meghargai karyanya ataukah itu orang tuanya, yang memuji kepandaiannya, apakah itu seorang gadis yang mengaguminya entah karena apanyapun. Disinilah ia mulai menemukan akunya kembali. Ia mulai percaya kepadanya dan makin harmonislah keadaannya.
d. Perkembangan Kemauan/keinginan
Perkembangan kemauan/keinginan ini sedikit demi sedikit berbelok kearah yang dibutuhkan oleh desakan jasmani dan rohaninya waktu itu. Kadang-kadang keinginan itu demikian mendesak menuntut pemenuhan, sekalipun hanya berujud ketemu gadis pujaan. Inilah mengapwaktu berpacaran, si pacar selalu ingin bertemu, untuk sekedar bertemu muka, jalan-jalan, menonton dan sebagainya.
Tetapi kadang-kadang oleh karena terjadi hal-hal yang lebih mendesak sebagai akibat daripada rangsangan yang kuat maka keinginan itu mudah berkobar, sehingga tidak jarang terjadi hal-hal yang di luar dugaan.
Oleh karena itu sekalipun mereka mendapat kebebasan dari kedua orang tua, namun harus disertai batas-batas kebebasan yang sesuai dengan norma yang baik yang berlaku di masyarakat yang bermoral. Suasana ethis harus diciptakan salama mereka saling bertemu dan orang tua menyaksikan pertemuan itu meskipun hanya untuk sementara.
e. Perkembangan Estetika
Jika pada masa negatif, aspek estetika seakan-akan mengalami kemunduran, maka pada masa-masa berikutnya, sedikit demi sedikit mulai bangun kembali. Jiwa remaja menjelang dewasa ini telah mampu menghayati dunia luar lebih mendalam, sehingga mampu meresapkan apa yang dilihat, didengar dan dirasakannya yang mampu menggerakkan jiwanya.[2]
f. Perkembangan Religi
Bagi remaja, agama memiliki arti yang sama pentingnya dengan moral. Bahkan sebagai mana dijelaskan oleh Adams dan Gullota (1983) agama memberikan kerangka moral sehingga membuat seorang mampu membandingkan tingkahlakunya. Agama dapat menstabilkan tingkah laku dan bisa mamberikan penjelasan mengapa dan untuk apa seseorang berada didunua ini. Agama memberikan perlindungan rasa aman terutama bagi remaja yang telah mencari eksistensi dirinya.[3]

Kesehatan Ginjal

Tips kesehatan, tipssahabat.com - Kepopuleran organ ginjal memang masih kalah dibandingkan dengan otak atau jantung dalam berbagai pembahasan seputar kesehatan. Akibatnya, banyak masyarakat yang kurang atau bahkan tidak peduli dengan kesehatan ginjalnya sendiri. Padahal peranan ginjal di dalam metabolisme tubuh sama vitalnya dengan organ lainnya sehingga menjaga kesehatannya sudah menjadi kewajiban setiap orang.

Tips menjaga Kesehatan Ginjal Anda
Tips menjaga Kesehatan Ginjal Anda

Hal tersebut juga ternyata diakui para pekerja medis yang menyatakan bahwa perhatian terhadap masalah kesehatan ginjal ini masih berada di bawah jantung, otak atau hati. Tak heran bahwa banyak orang yang baru mengetahui kalau ia menderita ginjal jika penyakitnya sudah berada di stadium lanjut, disamping gejala penyakit ginjal yang memang tidak begitu terlihat. Alhasil, banyak
pasien yang baru menyadarinya ketika penyakit tersebut sudah parah menggerogoti tubuhnya.

Kesehatan ginjal ini tidak boleh dipandang sebelah mata karena jika sudah mencapai stadium berat maka biaya pengobatannya akan sangat mahal.Harus diketahui bahwa komplikasi dari penyakit ini pun terbilang banyak mulai dari diabetes, kardiovaskular sampai pengeroposan tulang.

Pada dasarnya, penyakit ginjal ini terbagi menjadi dua yakni penyakit ginjal yang dapat disembuhkan dan yang tidak dapat disembuhkan. Kedua jenis penyakit ginjal tersebut memiliki konsekuensi medisnya masing-masing.

Penyakit ginjal yang dapat disembuhkan, misalnya batu ginjal.Penyakit ini akan mudah diangkat jika yang menjadi faktor pencetusnya sudah diangkat dan kinerja ginjal pun akan normal kembali.

Sedangkan penyakit ginjal yang tidak dapat disembuhkan dapat berupa ginjal yang sudah bocor atau penyakit ginjal kronis. Namun, meskipun tidak dapat disembuhkan, penyakit ini masih bisa disiasati dengan menghambat proses perkembangannya yakni dengan cara menjalani berbagai bentuk pengobatan medis dan menjalankan gaya hidup sehat.

Namun, walau bagaimanapun, hal yang terpenting ialah mencegah ketimbang mengobati. Dan berikut merupakan kiat-kiat untuk menjaga kesehatan ginjal Anda.

Menjaga Kadar Gula Darah

Anda harus pandai dalam menjaga kadar gula darah supaya tetap stabil.Gula darah yang tinggi dapat menjadi salah satu faktor penyakit ginjal.

Data yang dirilis oleh Indonesia Renal Registry menyebutkan bahwa pada 2010 silam, penyakit diabetes menyumbang sekitar 25% yang menyebabkan penyakit ginjal.

Menjaga Kesehatan Fisik

Anda juga mesti pandai dalam menjaga kesehatan fisik dengan cara sering berolahraga dan mengonsumsi makanan-makanan menyehatkan. Ingatlah bahwa makanan yang banyak mengandung zat pewarna sangat berperan dalam memengaruhi kondisi ginjal seseorang.

Begitu juga dengan kopi dan teh yang bila terlalu sering dikonsumsi, dapat mengganggu kinerja ginjal. Mulai saat ini, cobalah untuk lebih bijak dalam menyantap makanan/minuman dan rutin berolahraga fisik.

Menjaga Tekanan Darah

Data menunjukkan bahwa pada tahun 2010, darah tinggi turut andil dalam menyebabkan penyakit ginjal sebanyak 35%. Maka itu, Anda dituntut harus pandai dalam menjaga tekanan darah supaya tidak melonjak. Hindari makanan-makanan yang dapat memicu naiknya tekanan darah.

Cukup Minum Air Putih

Kaitannya dengan mencukupi kebutuhan air di dalam tubuh. Selain dengan banyak mengonsumsi air putih yang memang sudah wajib untuk membantu menjaga kesehatan ginjal, cairan di dalam tubuh juga bisa diperoleh dengan mengonsumsi buah dan sayuran. Dehidrasi atau kekurangan cairan sebaiknya dihindari supaya kinerja ginjal dapat terus terjaga.

Tidak Merokok dan Rutin Memeriksakan Diri

Lagi-lagi, merokok merupakan penyebab timbulnya berbagai macam penyakit di tubuh, salah satunya ginjal. Makanya, mulai saat ini, sebisa mungkin Anda mesti mengurangi atau bahkan tidak sama sekali merokok demi kesehatan ginjal Anda. Ginjal sebaiknya juga diperiksakan secara rutin dalam bentuk pemeriksaan protein dalam urin dan mengukur laju filtrasi glomerulus atau LFG.

Bercocok Tanam Modern


Pertanian modern merupakan hal yang sangat diharapkan untuk sektor pertanian saat ini. Apabila bicara mengenai pertanian modern, yang terpikir dalam benak kita adalah penggunaan alat-alat canggih seperti traktor dan lain-lain. Beberapa petani di Indonesia juga sudah ada yang menggunakan alat-alat canggih, namun hal tersebut masih sebagian kecil yang rata-rata digunakan oleh petani kaya atau yang sektor usaha taninya cukup luas.
gambar-gambar di bawah ini menunjukkan pertanian modern:




Berikut ini adalah contoh pertanian modern di Negara lain:

Pertanian modern di Taiwan

Hamparan sawah seluas satu hektar, hanya memerlukan waktu tiga jam dalam menanam padi, jika menggunakan mesin tanam padi seperti yang ada di Taiwan. Dengan pola tanam tersebut tentu dapat menghemat tenaga kerja, waktu serta yang menggiurkan adalah hasil panen yang memuaskan.Per hektar mampu menghasilkan 12 ton gabah.
Sistem pertanian modern di Taiwan, agaknya menjadi daya tarik bagi Kepala KDEI Taipei.Sehingga walau harus menempuh perjalanan sekitar 3 jam antara Taipei Changhua, bapak dua putra ini tetap semangat mengikuti arahan dari konsultan teknik Chang Kuo-An saat mengunjungi para petani Taiwan beberapa waktu lalu.
Dalam paparannya Mr. Chang menjelaskan, jika pertanian di Taiwan sistem menanam padi sangat jauh dengan sistem yang ada di Indonesia.Jika petani Indonesia dari bibit di semai dihamparan persemaian. Setelah persemaian tumbuh dengan memakan waktu kira-kira 15 hari barulah bibit padi di cabut(di daut) dari persemaian. Setelah itu padi baru di tanam diatas lahan. Dalam satu hektar cara penanaman ini memerlukan waktu seminggu dan membutuhkan tenaga kerja sekitar empat atau lima orang.
Menurut Mr. Chang, jika sistem tanam seperti petani di Indonesia yang di jelaskan diatas, tentu ada beberapa kekurangannya. Diantaranya, bibit padi yang telah tumbuh di media semai, lantas di cabut lagi lalu di tanam di lahan sawah, tentu akan kurang bagus hasilnya. Karena padi yang di cabut akan stress dan untuk pulih memerlukan waktu seminggu. Induknya sudah tumbuh, anakannya baru tumbuh seminggu lagi. Selanjutnya bibit yang di cabut akar-akarnya akan tertinggal di lahan persemaian kira-kira bisa 40 persennya. Jadi ada 40 persen bibit yang hilang.Hal ini tentu akan mempengaruhi hasil produksi. Namun jika menggunakan sistem ala pertanian Taiwan, bibit padi di semai di sebuah wadah pot persegi empat dengan ketinggian 2 cm. Media tanam menggunakan campuran tanah humus, batu bata merah yang telah di haluskan dan sekam. Gunakanya untuk menghemat tanah dan memberi pori-pori pernafasan bibit. Selanjutnya campuran padi dan pupuk di semaikan diatas media tanam.Hanya memerlukan waktu sembilan hari bibit-bibit padi sudah bisa di tanam di atas lahan sawah.
Cara tanam dengan menggunakan mesin tanam ini hanya memerlukan waktu tiga jam per hektar. Menggunakan mesin tanam ini, selain lebih efisien waktu dan tenaga juga membuat tanaman rapi, karena secara otomatis mesin telah memisah-misah bibit dengan jumlah yang sama dan dalam garis yang sama pula.Dengan menggunakan system ini, akan memperpendek proses olah, tanam dan petik. Mulai dari persemaian hingga panen petani akan merasakan jika dengan system ini akan lebih menguntungkan.
Keunggulan teknologi pertanian Taiwan ini, karena proses pertanian di dukung dengan mesin yang seluruh prosesnya tidak banyak menyerap tenaga manusia. Seperti yang terlihat di lokasi, jika terdapat dua ruang yang terdapat mesin pompainer. Satu ruang khusus untuk mencampur tanah gabah dan pupuk, serta satu ruang lagi sebagai tempat pencetakan bibit.MenuruT Mr. Chan jika mesin pompainer berfungsi untuk menjaga mutu bibit yang di tanam.Sementara mesin-mesin ini mampu menghasilkan produksi bibit sekitar 3000 dapot per jam.
Suhartono dalam kunjungannya juga sempat menjalankan mesin tanam padi.Menurutnya mesinnya mudah dijalankan, dan jika petani Indonesia menggunakan mesin ini, diharapkan Indonesia bakal menjadi negara surplus akan pangan. Mengingat lahan di Indonesia masih cukup luas sementara tak di manfaatkan dengan baik.” Jika saja Indonesia mengadopsi sistem pertanian seperti ini, mungkin cerita soal import beras tak ada ceritanya lagi. Terutama bagi petani, yang bakal merasakan manfaatnya karena panen bisa tiga kali dalam setahun karena pendeknya waktu.Selain itu tenaga kerja muda, yang mungkin malu bekerja di sawah dan memilih ke luar negeri juga akan berkurang. Karena dengan menggunakan system pertanian modern hasil yang di dapatkan akan memuaskan.maka kenapa mesti keluar negeri?’ ungkapnya.
Hal senada juga diungkapkan Chang Kuo-An, jika sudah saat Indonesia menggunakan tehnologi modern dalam pertaniannya, karena jika tidak bakal ketinggalan dengan petani-petani dari negara lain. Yang karena ketertinggalan tersebut akhirnya sangat tak masuk akal, jika negara agraris sampai mengimport beras untuk memenuhi kebutuhan pangan warganya.

Berita Honorer K II Diangkat Melalui Tes

Jakarta – Humas BKN, Tenaga Honorer KII yang dapat diangkat menjadi CPNS hanyalah mereka yang lulus tes pada 3 November mendatang. Ada pun untuk tenaga honorer KII yang tidak lulus seleksi, kebijakannya akan dikembalikan ke instansi masing-masing. Informasi ini disampaikan Kepala Bagian Humas Tumpak Hutabarat pada Komisi I DPRD Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo yang beraudiensi ke BKN Pusat di ruang rapat lantai 1 gedung I Jakarta, Rabu (9/10).


Audiensi DPRD Pohuwato dengan BKN sedang berlangsung
Dalam pertemuan itu, seorang anggota dewan DPRD, Sudarmono Sompah, menanyakan kebijakan pemerintah pusat terhadap honorer yang tidak lulus seleksi. “Kalau honorer yang tidak lulus tes seleksi langsung diberhentikan, lantas bagaimana dengan perkembangan mutu pendidikan di daerah kami?” tanynya. “Karena kebanyakan honorer tersebut merupakan gurur di berbagai sekolah di pedalaman Porvinsi Gorontalo,” lanjutnya.
Menanggapi pertanyaan tersebut Tumpak Hutabarat menjelaskan bahwa daerah harus punya komitmen terhadap pembenahan dalam penggunaan anggaran yang ada, jangan sampai belanja pegawai menghabiskan APBD/APBN. “Saya juga berharap kepada daerah untuk dapat mengkoordinasikan dengan baik kepada honorer yang tidak lulus tes agar dapat memaklumi keputusan yang ada dengan bijak.” ujarnya. (Indah/Dini).

Contoh Administrasi Guru

Assalamualaikum, dalam pembelajaran guru dituntuk mempunyai administrasi yang perkaitan dengan kegiatan proses belajar mengajar, dengan mempunyai administrasi, guru akan lebih mudah dalam mengerjakan tugasnya dan juga mempunyai dokumen yang dapat dipertanggungjawabkan. Administrasi guru jika diulas banyak macamnya disini kami memberi contoh administrasi untuk guru mata pelajaran untuk filenya dapat dilihat dibawah ini
klik disini

Berita Kemenag Tentang Perencana Pendidikan Madrasah

Written By MI Ma'arif NU Karangnangka on Kamis, 10 Oktober 2013 | 09.14


Batam (Pinmas) — Selain harus memahami secara teknis dalam melakukan perencanaan program dan kegiatan, para perencana yang ada di bawah Direktorat Pendidikan Madrasah juga dituntut untuk memahami konten perencanaan. Konten yang dimaskudkan ialah memahami ruh madrasah itu sendiri, “dua hal ini harus dikuasi oleh para perencana di seluruh tingkat kantor wilayah,” kata Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nur Syam, Rabu kemarin (9/10) di Batam, Kepulauan Riau.
Dalam sambutannya pada Kegiatan Orientasi Sistem Perencanaan Pendidikan Madrasah yang berlansung hingga Jumat (11/9) besok, Penulis buku Islam Pesisir ini menyatakan bahwa dalam konten perencanaan harus punya gambaran terkait pengembangan akses dan pemerataan pendidikan, peningkatan mutu, relevansi dan daya saing madrasah dan peningkatan tata kelola birokrasi, “ itu kita harus punya sense itu supaya kita tidak salah mengeksekusi (anggaran-red), ini yang saya sebut sebagai konten yang jauh lebih penting ketimbang persoalan administratif perencana,” terang Dirjen Pendis.
Dalam kegiatan yang diikuti oleh para perencana madrasah di tingkat Kanwil itu juga Nur Syam menegaskan bahwa hal itu juga harus didukung pula dengan kesadaran dan pemahaman para perencana juga harus memahami rencana strategis pemerintah, seperti Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) dan lainya, “itu harus kita fahami, karena kita menggunakna perencanaan berbasis sistem yang harus didasarkan pada hasil serapan yang ada di wilayah,” tukasnya.
Dalam sejarahnya, lanjut Dirjen Pendis, ada tiga sistem perencanaan dalam bernegara dan pemerintah, pada zaman orde baru (orba) sistem yang digunakan dalam perencanaan menggunakan sistem top down yang hanya mencerminkan keinginan pemerintah pusat, “jadi tidak mencerminkan perubahan, karena sudah dirancang dari pusat, ini yang kemudian dikritik banyak orang karena tidak melibatkan bawahan,” paparnya.
Kemudian, munculnya kritik yang akhirnya menghasilkan sistem perencanan berbasis button up planning dimana perencanaan tersebut dirumuskan dari bawah lalu diusulkan pimpinan pusat, “maka, perencana disusun setahun sebelum tahun eksekusi, kemudian dikenal istilah pagu indikatif, pagu sementara. Dan adanya pagu difinitif itu sesunguhnya disebut perencanaan berbasi button up sistem, ini yang menadi satua keharusan,” paparnya lagi. Oleh sebab itu itu maka sistem tersebut harus kuat dibawah dan kuat diatas supaya terjadi keseimbangan.
Lalu, Dirjen Pendis  melanjutkan bahwa belakangan ini juga dikenal dengan sistem perencanaan partnership planning. Sistem ini merupakan gabungan antara sistem yang ada sejak orba tadi dan sistem button up planning yang belaku saat ini. Dalam sistem ini menitikberatkan pada bangunan jaringan (connection) antara pemerintah dengan dunia usaha, “sebab pemerintah tidak mampu untuk membiayai seluruh kebutuhan.” Ujarnya. Meski cukup rumit, sistem ini namun tidak menutup kemungkinan sistem ini akan digunakan.
“Para perencana di sini jangan sekedar sebagai agen, tapi bagian dari pengembangan pendidikan Islam. Sekali lagi saya berharap, karena kita berada dalam sistem buuton up planning ini agar para perencana tidak keluar dari koridor untuk mengembangkan akses pemerataan dan peningkatan mutu pendidikan madrasah, relevansi dan daya saing madrasah serta tata kelola birokrasi. Jadi semua harus bermuara pada tiga hal itu.” Pungkasnya. (sholla/mss)

Pengertian Media Pembelajaran

Contoh Media Pembelajaran

Media pembelajaran secara umum adalah alat bantu proses belajar mengajar. Segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau ketrampilan pebelajar  sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar. Batasan ini cukup luas dan mendalam mencakup pengertian sumber, lingkungan, manusia dan metode yang dimanfaatkan untuk tujuan pembelajaran / pelatihan.
Sedangkan menurut Briggs (1977) media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran seperti : buku, film, video dan sebagainya. Kemudian menurut National Education Associaton(1969) mengungkapkan bahwa media pembelajaran adalah sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun pandang-dengar, termasuk teknologi perangkat keras.

Posisi media pembelajaran. Oleh karena proses pembelajaran merupakan proses komunikasi dan berlangsung dalam suatu sistem, maka media pembelajaran menempati posisi yang cukup penting sebagai salah satu komponen sistem pembelajaran. Tanpa media, komunikasi tidak akan terjadi dan proses pembelajaran sebagai proses komunikasi juga tidak akan bisa berlangsung secara optimal. Media pembelajaran adalah komponen integral dari sistem pembelajaran
Dari pendapat di atas disimpulkan bahwa media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan pesan, dapat merangsang fikiran, perasaan, dan kemauan peserta didik sehingga dapat mendorong terciptanya proses belajar pada diri peserta didik.
Menurut Edgar Dale, dalam dunia pendidikan, penggunaan media pembelajaran seringkali menggunakan prinsip Kerucut Pengalaman, yang membutuhkan media seperti buku teks, bahan belajar yang dibuat oleh guru dan “audio-visual”.
 Pengertian Media Pembelajaran
Ada beberapa jenis media pembelajaran, diantaranya :
  1. Media Visual : grafik, diagram, chart, bagan, poster, kartun, komik
  2. Media Audial : radio, tape recorder, laboratorium bahasa, dan sejenisnya
  3. Projected still media : slide; over head projektor (OHP), in focus dan sejenisnya
  4. Projected motion media : film, televisi, video (VCD, DVD, VTR), komputer dan sejenisnya.
Pada hakikatnya bukan media pembelajaran itu sendiri yang  menentukan hasil  belajar. Ternyata keberhasilan menggunakan media pembelajaran dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar tergantung pada (1) isi pesan, (2) cara menjelaskan pesan, dan (3) karakteristik penerima pesan. Dengan demikian dalam memilih dan menggunakan media, perlu diperhatikan  ketiga faktor tersebut. Apabila ketiga faktor tersebut mampu disampaikan dalam media pembelajaran tentunya akan memberikan hasil yang maksimal.
Tujuan menggunakan media pembelajaran :
Ada beberapa tujuan menggunakan media pembelajaran, diantaranya yaitu :
-          mempermudah proses belajar-mengajar
-          meningkatkan efisiensi belajar-mengajar
-          menjaga relevansi dengan tujuan belajar
-          membantu konsentrasi mahasiswa
-          Menurut Gagne : Komponen sumber belajar yang dapat merangsang siswa untuk belajar
-          Menurut Briggs : Wahana fisik yang mengandung materi instruksional
-          Menurut Schramm : Teknologi pembawa informasi atau pesan instruksional
-          Menurut Y. Miarso : Segala sesuatu yang dapat merangsang proses belajar siswa
Tidak diragukan lagi bahwa semua media itu perlu dalam pembelajaran. Kalau sampai hari ini masih ada guru yang belum menggunakan media, itu hanya perlu satu hal yaitu perubahan sikap. Dalam memilih media pembelajaran, perlu disesuaikan dengan kebutuhan, situasi dan kondisi masing-masing. Dengan perkataan lain, media yang terbaik adalah media yang ada. Terserah kepada guru bagaimana ia dapat mengembangkannya secara tepat  dilihat dari isi, penjelasan pesan dan karakteristik siswa untuk menentukan media pembelajaran tersebut.

Kabar Kemendikbud Tentang Kebudayaan

Yogyakarta --- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) saat ini sedang menyusun cetak biru pembangunan kebudayaan. Cetak biru tersebut akan dijadikan rujukan bagi pengambil keputusan di masa datang dalam melakukan pembangunan.
"Siapapun yang jadi presiden untuk masa yang akan datang, siapapun yang jadi mendikbud, siapapun yang jadi dirjen kebudayan, sudah punya rujukan yang kuat tentang apa yang harus dilakukan," kata Direktur Jenderal Kebudayaan Kacung Maridjan, sebelum pembukaan Kongres Kebudayaan Indonesia tahun 2013 di Yogyakarta, Selasa (8/10) sore.
Kacung mengatakan, selama ini kebudayaan masih menjadi sektor belum menjadi arus utama (mainstream) dalam pembangunan negara. Ke depan, kata Dia, pemerintah ingin menjadikan kebudayaan sebagai arus utama pembangunan. "Artinya, setiap pembangunan yang dilakukan punya basis kebudayaan yang kuat," katanya.
Kacung mengungkapkan, cetak biru ini akan berisi pendekatan-pendekatan dan strategi yang akan dipakai dalam pembangunan berbasis kebudayaan. Sasarannya adalah policy maker yang ke depan akan melanjutkan pembangunan. Hasil KKI ini pun nantinya akan menjadi masukan dalam pembuatan cetak biru pembangunan kebudayaan tersebut.
Ditjen Kebudayaan, kata Kacung, saat ini juga sedang menganalisis indeks pembangunan kebudayaan. Setelah dianalisis, nantinya akan didiskusikan dengan mengundang beberapa ahli. “Kita tidak hanya mengukur ekonomi, tapi juga manusia dan budayanya,” katanya.
Dalam kesempatan yang sama, Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bidang Kebudayaan (Wamenbud) Wiendu Nuryanti mengatakan, kebudayaan perlu mendapat tempat yang sentral. Salah satu bentuk kongkret adalah memiliki kementerian sendiri. Untuk merealisasikannya, kata Dia, yang paling mendasar salah satunya dengan undang-undang kebudayaan. “UU ini sudah disusun dari sepuluh tahun yang lalu. Sekarang draftnya sudah direvisi, mudah2an segera dapat direalisasikan,” katanya.
Dengan hadirnya undang-undang tersebut, kata Wiendu, selanjutnya akan dibahas tentang hak berbudaya. Yaitu negara wajib mengadakan dan memenuhi hak berbudaya masyarakat. (AR)

Pengetahuan Agama Silsilah Sunan Ampel

Written By MI Ma'arif NU Karangnangka on Kamis, 03 Oktober 2013 | 16.45

Sunan Ampel pada masa kecilnya bernama Raden Rahmat, dan diperkirakan lahir pada tahun 1401 di Champa. Ada dua pendapat mengenai lokasi Champa ini. Ensyclopedia Van Nederlandesh Indie mengatatakn bahwa Champa adalah satu negeri kecil yang terletak di Kamboja. Pendapat lain, Raffles menyatakan bahwa Champa terletak di Aceh yang kini bernama Jeumpa. Menurut beberapa riwayat, orang tua sunan ampel adalah Makhdum Ibrahim (menantu raja Champa, ipar Dwarawati) alias Haji Bong Tak Keng (anak buah Sam Po Bo) yang menjafi Kapten Tionghoa (Suku Hui beragama islam bermadzhab Hanafi) di Champa. Dalam catatan Kronik cina dari Klenteng Sam Po Kong, Sunan Ampel dikenal sebagai Bong Swi Hoo. sedangkan yang mulia Ma Hong Fu (Kyai Bantong) menantu Bong Tak Keng ditempatkan sebagai duta besar Tiongkok di pusat kerajaan Majapahit. Puteri dari Kyai Bantong menikah dengan Prabu Brawijaya. Sayyid Rahmat merupakan keponakan dari Putri Champa permaisuri Prabu Brawijaya.

Raden Rahmat dan Raden Santri adalah anak Makhdum Ibrahim alias Haji Bong Tak Keng keturunan suku Hui dari Yunan yang merupakan percampuran bangsa Han/Tionghoa dengan bangsa Asia Tengah (Samarkand). Raden Rahmat, Raden Santri dan Raden Burereh ( cucu Raja Champa) pergi ke Majapahit mengunjungi bibi mereka Dwarawati yanh menjadi permaisuri raja Brawijaya.

Menurut Hikayat Banjar dan Kotawaringin, nama asli Sunan Ampel adalah Raja Bungsu, anak Sultan Pasai. Beliau datang ke Majapahit menyusul/menengok kakaknya yang diambil isteri oleh Raja Majapahit. Raja Majapahit saat itu bernama Dipati Hangrok dengan Mangkubuminya Patih Maudara. Dipati Hangrok telah memerintahkan menterinya Gagak Baning melamar Putri Pasai dengan membawa sepuluh buah perahu ke Pasai. Sebagai Kerajaan Islam, mulanya Sultan Pasai keberatan jika putrinya dijadikan isteri Raja Majapahit, tetapi karena takut binasa kerajaannya akhirnya putri tersebut diberikan juga. Putri Pasai dengan raja Majapahit memperoleh anak laki-laki. Karena rasa sayangnya kepada putri Pasai melarang raja Bungsu pulang ke Pasai. Sebagai ipar Raja Majapahit Raja Bungsu kemudian meminta untuk tanah untuk menetap diwilayah pesisir yang dinamakan Ampelgading. Anak laki-laki dari putri pasai dengan raja majapahit tersebut kemudian dinikahkan dengan  raja Bali. Anak dari puteri puteri pasai tersebut wafat ketika istrinya putri dari raja Bali mengandung tiga bulan karena dianggap akan membawa celaka bagi negeri tersebut, maka ketika lahir bayi tersebut dihanyutkan ke laut, ketapi kemudian dapat dipungut dan dipelihara oleh Nyai Sutapinatih, kelak disebut Pangeran Giri. Kelak ketika terjadi huru-hara di ibukota Majapahit Putri Pasai pergi ke tempat adiknya Raja Bungsu di Ampelgading.

Penduduk desa-desa sekitar memohon untuk dapat masuk islam kepada Raja Bungsu, tetapi Raja Bungsu sendiri merasa perlu meminta ijin terlebih dahulu kepada Raja Majapahit tentang proses islamisasi tersebut. Akhirnya Raja Majapahit berkenan memperbolehkan penduduk untuk beralih kepada agama islam. Petinggi daerah Jipang menurut aturan dari Raja Majapahit secara rutin menyerahkan hasil bumi kepada Raja Bungsu. Petinggi Jipang dan keluarga masuk islam. Raja Bungsu beristrikan puteri dari daerah Jipang tersebut, kemudian memperoleh dua orang anak yang tertua seorang perempuan diambil sebagai isteri oleh Sunan Kudus, sedang yang laki-laki sebagai Pangeran Bonang. Raja Bungsu sendiri disebut sebagai Pangeran Makhdum.

Silsilah Sunan Ampel diantaranya :
  1. Sunan Ampel/Raden Rahmat/Sayyid Ahmad Rahmatillah bin
  2. Maulana Malik Ibrahim/Ibrahim Asmoro bin
  3. Syaikh Jumadil Qubro/Jamaluddin Akbar Khan bin
  4. Ahmad Jalaludin Khan bin
  5. Abdullah Khan bin
  6. Abdul Malik Al Muhajir bin
  7. Alawi Ammil Faqih bin
  8. Muhammad Sohob Mirbath 
  9. Ali Kholi Qosam bin
  10. Alawi Ast Stasi bin
  11. Muhammad Sohibus Saumi'ah bin
  12. Alawi Awwal bin
  13. Ubaidillah bin
  14. Ahmad Al Muhajir
  15. Isa Ar Rumi
  16. Muhammad An Naqib bin
  17. Ali Uraidhi bin
  18. Ja'far Ash Shodiq bin
  19.  Muhammad Al Baqir bin
  20. Ali Zaenal Abidin bin
  21. Imam Husai bin
  22. Ali bin Abi Thalib dan Fatimah Az Zahro binti Muhammad saw
Ditulis Oleh : Aris Hidayat, S.Pd.I

Pengetahuan Agama Silsilah Sunan Gresik

Written By MI Ma'arif NU Karangnangka on Selasa, 01 Oktober 2013 | 05.53

Sunan Gresik atau Maulana Malik Ibrahin (wafat 1419 M/882 H) adalah nama salah seorang Wali Songo yang dianggap pertama kali menyebarkan agama Islam di tanah Jawwa. Ia dimakamkan di desa Gapura, kota Gresik, Jawa Timur.

Tidak terdapat bukti sejarah yang meyakinkan mengenai asal keturunan Maulana Malik Ibrahim, meskipun disepakati bahwa ia bukanlah orang asli Jawa. Sebutan Syekh Maghribi yang diberikan masyarakat padanya, kemungkinan menisbatkan asal keturunannya Maghribi, atau Maroko di Afrika Utara.

Babad tanah Jaei versi J.J Meinsma menyebutkan dengan nama Makhdum Ibrahin as Samarqandy, yang mengikuti penguapan lidah Jawa menjadi Syekh Ibrahim Asmarakandi. Ia memperkirakan bahwa Maulana Malik Ibrahim lahir di Samarkand. Asia Tengah pada paruh awal abad 14.

Dalam keterangannya pada buku The History Of Java mengenai asal mula dan perkembangan kota Gresik, Raffles menyatakan bahwa menurut penuturan para penulis lokal, " Maulana Ibrahim, seorang Pandita terkenal berasal dari Arabia, keturunan dari Jenal Abidin, dan sepupu Raja Chermen (Sebuah negara Sabrang) telah menetap bersama para Mahomedans lainya di Desa Leran di Janggala."

Namun demikian, kemungkinan pendapat yang terkuat adalah berdasarkan pembacaan J.P. Moquette atas baris kelima tulisan pada prasasti makamnya di desa Gapura Wetan, Gresik, yang mengindikasikan bahwa ia berasal dari Kshan, Suatu tempat di Iran sekarang.

Terdapat beberapa pendapat mengenai silsilah Maulana Malik Ibrahim, Ia pada umumnya dianggap merupakan keturunan Rasulullah Saw, melalui jalur Husain bin Ali, Ali Zaenal Abidin, Muhammad Al Baqir, Ja'far Ash Shadiq, Ali Al Uraidhi, Muhammad Al Naqib, Isa Ar Rumi, Ahmad Al Muhajir, Ubadullah, Alwi Awwal, Muhammad Sahibus Saumiah, Alwi Ast Stani, Ali Khali Qasam, Muhammad Shahib Mirbath, Alwi Ammi Al Faqih, Abdul Malik (Ahmad Khan), Abdullah (Al Azhamat) Khan, Ahmad Syah Jalal, Jamaluddin Akbar Al Husain (Maulana Akbar), dan Maulana Malik Ibrahim.

Demikian Sejarah singkat silsisal Sunan Gresik apabila ada kesalahan kami mohon maaf.
Ditulis Oleh : Aris Hidayat, S.Pd.I
 

Perencanaan Pembelajaran

Pencanaan pembelajaran adalah proses pengambilan keputusan hasil berpikir secara rasional tentang sasaran dan tujuan pembelajaran ...

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MIMA NU Kr. Nangka - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger