Latest Post
21.20
Jenis-jenis alat musik tradisional Jambi yang masih dipertahankan sampai saat ini adalah sebagai berikut:
a. Genggong
b. Gendang
c. Tabuh
d. Rebana
e. Krenong
f. Kelintang
Seni Suara
Pada setiap kabupaten dan kota mempunyai ragam seni suara dengan syair dan khas daerah masing-masing, namun sesuainamun seni suatu daerah kini semakin usang dan tidak dikenal, karena telah dilanda dengan kehadiran lagu-lagu dangdut dan lagu pop. Namun demikian setiap daerah berusaha untuk kembali menghidupkan lagu-lagu daerah tersebut melalui rekaman, sehingga diharapkan nantinya dapat kembalai hidup dan dikenal oleh masyarakat
Beberapa jenis seni suara dari tiap-tiap daerah sebagai berikut:
1. Kota Jambi
a. Lagu Sekapur Sirih
b. Lagu Orang Kayo Hitam
c. Lagu Keris Seginjai
2. Kabupaten Batang Hari Dan Kabupaten Muaro Jambi
a. Lagu Batanghari
b. Lagu Nasib Badan
c. Lagu Merusak Hati
3. Kabuapaten Tanjung Jabung Timur Dan Tanjung Jabung Barat
a. Lagu Nelayan
b. Lagu Nasib Badan
c. Lagu Senandung Malam
4. Kabupaten Bungo Dan Kabupaten Tebo
a. Lagu Serampang Laut
b. Lagu Tumbuk Tebing
c. Lagu Pisang Dayak
5. Kabupaten Merangin Dan Kabupaten Sarolangun
a. Lagu Dagang Menumpang
b. Lagu Dendang Sayang
c. Lagu Ujung Tanjung
6. Kabupaten Kerinci
a. Lagu Tanjung Bajure
b. Lagu Tus-Tus
c. Lagu Bukasi Sayang
Pembelajaran Musik Tradisional Jambi
Written By MI Ma'arif NU Karangnangka on Kamis, 24 Oktober 2013 | 21.20
Pada mulanya seni musik daerah jambi merupakan seni musik yang masih
bersifat tradisional. Namun seiring perkembangan zaman, maka alat-alat
musik sudah banyak banyak memakai alat-alat musik modern. Akan tetapi
alat-alat musik tradissional masih dipergunakan. Bahkan berusaha untuk
dipertahankan.
Jenis-jenis alat musik tradisional Jambi yang masih dipertahankan sampai saat ini adalah sebagai berikut:
a. Genggong
b. Gendang
c. Tabuh
d. Rebana
e. Krenong
f. Kelintang
Seni Suara
Pada setiap kabupaten dan kota mempunyai ragam seni suara dengan syair dan khas daerah masing-masing, namun sesuainamun seni suatu daerah kini semakin usang dan tidak dikenal, karena telah dilanda dengan kehadiran lagu-lagu dangdut dan lagu pop. Namun demikian setiap daerah berusaha untuk kembali menghidupkan lagu-lagu daerah tersebut melalui rekaman, sehingga diharapkan nantinya dapat kembalai hidup dan dikenal oleh masyarakat
Beberapa jenis seni suara dari tiap-tiap daerah sebagai berikut:
1. Kota Jambi
a. Lagu Sekapur Sirih
b. Lagu Orang Kayo Hitam
c. Lagu Keris Seginjai
2. Kabupaten Batang Hari Dan Kabupaten Muaro Jambi
a. Lagu Batanghari
b. Lagu Nasib Badan
c. Lagu Merusak Hati
3. Kabuapaten Tanjung Jabung Timur Dan Tanjung Jabung Barat
a. Lagu Nelayan
b. Lagu Nasib Badan
c. Lagu Senandung Malam
4. Kabupaten Bungo Dan Kabupaten Tebo
a. Lagu Serampang Laut
b. Lagu Tumbuk Tebing
c. Lagu Pisang Dayak
5. Kabupaten Merangin Dan Kabupaten Sarolangun
a. Lagu Dagang Menumpang
b. Lagu Dendang Sayang
c. Lagu Ujung Tanjung
6. Kabupaten Kerinci
a. Lagu Tanjung Bajure
b. Lagu Tus-Tus
c. Lagu Bukasi Sayang
Label:
Pembelajaran
07.28
Di Malaysia , tarian piring dipersembahkan ketika majelis perkawinan terutama bagi keluarga berada, bangsawan dan hartawan di sebuah kampung. Tarian ini biasa dilihat di kawasan Seremban, Kuala Pilah dan Rembau oleh kumpulan tertentu. Ada yang dipersembahkan dengan pakaian lengkap dan pakaian tarian tidak lengkap. Sedikit bayaran akan dikenakan jika menjemput kumpulan tarian ini mempersembahkan tarian piring. 10 - 20 menit diperuntukkan untuk persembahan tarian ini.
Pembelajaran Tari Piring
Written By MI Ma'arif NU Karangnangka on Selasa, 22 Oktober 2013 | 07.28
Pada awalnya, Tari Piring
ini merupakan ritual ucapan rasa syukur masyarakat setempat kepada dewa-dewa
setelah mendapatkan hasil panen yang melimpah ruah. Ritual dilakukan dengan
membawa sesaji dalam bentuk makanan yang kemudian diletakkan di dalam piring
sembari melangkah dengan gerakan yang dinamis.
Setelah masuknya agama Islam ke Minangkabau, tradisi Tari Piring tidak lagi digunakan sebagai ritual ucapan rasa syukur kepada dewa-dewa. Akan tetapi, tari tersebut digunakan sebagai sarana hiburan bagi masyarakat banyak yang ditampilkan pada acara-acara keramaian.
Setelah masuknya agama Islam ke Minangkabau, tradisi Tari Piring tidak lagi digunakan sebagai ritual ucapan rasa syukur kepada dewa-dewa. Akan tetapi, tari tersebut digunakan sebagai sarana hiburan bagi masyarakat banyak yang ditampilkan pada acara-acara keramaian.
Di Malaysia , tarian piring dipersembahkan ketika majelis perkawinan terutama bagi keluarga berada, bangsawan dan hartawan di sebuah kampung. Tarian ini biasa dilihat di kawasan Seremban, Kuala Pilah dan Rembau oleh kumpulan tertentu. Ada yang dipersembahkan dengan pakaian lengkap dan pakaian tarian tidak lengkap. Sedikit bayaran akan dikenakan jika menjemput kumpulan tarian ini mempersembahkan tarian piring. 10 - 20 menit diperuntukkan untuk persembahan tarian ini.
Tarian piring dan silat
dipersembahkan di hadapan mempelai di luar rumah. Majelis perkawinan atau
sesuatu apa-apa majlis akan lebih meriah jika diadakan tarian piring. Namun
begitu, segelintir masyarakat tidak dapat menerima kehadiran kumpulan tarian
kerana dianggap ada percampuran lelaki dan perempuan. Bagi mengatasi masalah
itu, kumpulan tarian disertai hanya gadis-gadis sahaja.
Kira-kira 8 (delapan) abad yang lalu, Tari Piring telah ada di wilayah kehulauan Melayu. Tari Piring identik dengan Sumatera Barat. Hingga masa kerajaan Sri Vilaya, eksistensinya masih ada bahkan semakin mentradisi. Pada saat masa-masa kejayaan kerajaan Majapahitlah, tepatnya abad ke-16, kerajaan Sri Vijaya dipaksa jatuh.
Kira-kira 8 (delapan) abad yang lalu, Tari Piring telah ada di wilayah kehulauan Melayu. Tari Piring identik dengan Sumatera Barat. Hingga masa kerajaan Sri Vilaya, eksistensinya masih ada bahkan semakin mentradisi. Pada saat masa-masa kejayaan kerajaan Majapahitlah, tepatnya abad ke-16, kerajaan Sri Vijaya dipaksa jatuh.
Namun demikian, Tari Piring
tidak lantas ikut lenyap. Bahkan, Tari Piring mengalami perkembangan ke
wilayah-wilayah Melayu lain seiring hengkangnya pengagum setia Sri Vijaya.
Bergantinya pelaku peradaban memaksa adanya perubahan konsep, orientasi dan
nilai pada Tari Piring.
Pada awalnya Tari Piring
diperuntukkan buat sesembahan para dewa, dibarengi dengan penyediaan sesaji
dalam bentuk makanan yang lezat-lezat. Tarian ini dibawakan oleh beberapa
perempuan yang dengan penampilan khusus, berbusana indah, sopan, tertib, dan
lemah lembut.
Dalam perjalanannya,
orientasi atau tujuan sesembahan Tari Piring bergeser drastis. Ketika Islam
datang, orientasi penyajian tidak lagi tertuju pada para dewa, namun
dipersembahkan kepada para raja dan pejabat, khususnya saat ada pertemuan atau
forum khusus dan istimewa lainnya. Selain itu, Tari Piring juga semakin populer
dan tidak hanya dikonsumsi oleh kalangan elit tertentu.
Tidak cukup sampai disitu,
perubahan orientasi terus dilakukan. Arti dan makna Tari Piring diartikan
secara agak luas. Dalam konteks ini, raja tidak harus kepala negara atau
pemimpin kekusaan politik pada rakyatnya, tapi bisa dianalogikan dengan
sepasang pengantin. Sang pengantin adalah raja, yaitu “raja sehari”. Karena
itulah tradisi Tari Piring kerap dipersembahkan dihadapan “raja sehari”
(pengantin) saat bersanding dipelaminan dalam acara walimatul ‘arsy.
Tari Piring atau dalam
bahasa Minangkabau disebut dengan Tari Piriang, adalah salah satu jenis Seni
Tari yang berasal dari Sumatra Barat yaitu masyarakat Minangkabau disebut
dengan Tari Piring karena para penari saat menari membawa piring.
Pada awalnya dulu kala Tari Piring diciptakan untuk memberi persembahan kepada para dewa ketika memasuki masa panen, tapi setelah datangnya agama islam di Minangkabau Tari Piring tidak lagi untuk persembahan para dewa tapi ditujukan bagi majlis-majlis keramaian yang dihadiri oleh para raja atau para pembesar negeri, Tari Piring juga dipakai dalam acara keramaian lain misalnya seperti pada acara pesta perkawinan.
Pada awalnya dulu kala Tari Piring diciptakan untuk memberi persembahan kepada para dewa ketika memasuki masa panen, tapi setelah datangnya agama islam di Minangkabau Tari Piring tidak lagi untuk persembahan para dewa tapi ditujukan bagi majlis-majlis keramaian yang dihadiri oleh para raja atau para pembesar negeri, Tari Piring juga dipakai dalam acara keramaian lain misalnya seperti pada acara pesta perkawinan.
Mengenai waktu kemunculan
pertama kali Tari Piring ini belum diketahui pasti, tapi dipercaya bahwa Tari
Piring telah ada di kepulaian melayu sejak lebih dari 800 tahun yang lalu. Tari
Piring juga dipercaya telah ada di Sumatra barat dan berkembang hingga pada
zaman Sri Wijaya. Setelah kemunculan Majapahit pada abad ke 16 yang menjatuhkan
Sri Wijaya, telah mendorong Tari Piring berkembang ke negeri-negeri melayu yang
lain bersamaan dengan pelarian orang-orang sri wijaya saat itu.
Label:
Pembelajaran
07.08
Pada awalnya gandrung adalah seni pertunjukan rakyat yang hidup berkembang di tengah-tengah masyarakat Lombok. Ditampilkan di arena terbuka yang dikelilingi penonton, dengan waktu penyajian yang panjang yaitu lebih kurang 3 jam, gerakan-gerakannya bersifat improvisasi meskipun terdapat gerak-gerak tertentu yang menjadi ciri khas gerak pada tari tersebut, yaitu ngindang, gabor seriak, ngecok, dan tindak barong. Ditarikan seorang penari laki-laki yang berbusana wanita.
Untuk mengangkat tad gandrung pada panggung prosenium, pada tahun 1991 diadakan penataan tari gandrung oleh Abdul Hamid dan Dra. Luh Putu Sari Ekayani dengan menambah jumlah penari menjadi 5 orang penari wanita dan diberi nama Gandrung Rembak, dengan waktu penyajian 7 menit.
Gandrung merupakan tari pergaulan muda-mudi dan bersifat hiburan. Struktur penyajiannya terbagi menjadi 4 bagian, yaitu :
Bapangan, menggambarkan seorang gadis yang ingin menarik perhatian lawan jenisnya dengan memperlihatkan kemampuannya sendiri.
Tangis, penggambaran perasaan rindu pada seseorang untuk diajak berkomunikasi, diungkapkan Iewat link lagu.
Penepekan, memilih seorang yang disenangi untuk diajak menari. Calon penari yang terpilih dinyatakan dengan sentuhan kipas (nepek) oleh penari gandrung.
Pengibingan, pengibingan berasal dari kata ngibing yang berarti menari bersama (antara penari gandrung dan penonton yang ditepek).
Penari memakai busana kain panjang, baju lengan panjang, kemben, gelung, ampok-ampok, bapang dan membawa property kipas. Pada bagian gelung dilengkapi dengan semacam senjata dari bambu yang diruncingkan, gunanya untuk melindungi dari gangguan pasangan menari yang nakal (kurang sopan).//lombokku.com
Kesenian Tari Sasak Dari Lombok
Tari sasak dari Lombok. Gandrung rembak berarti
gandrung banyak, maksudnya tari gandrung yang ditarikan oleh beberapa
orang penari.
Pada awalnya gandrung adalah seni pertunjukan rakyat yang hidup berkembang di tengah-tengah masyarakat Lombok. Ditampilkan di arena terbuka yang dikelilingi penonton, dengan waktu penyajian yang panjang yaitu lebih kurang 3 jam, gerakan-gerakannya bersifat improvisasi meskipun terdapat gerak-gerak tertentu yang menjadi ciri khas gerak pada tari tersebut, yaitu ngindang, gabor seriak, ngecok, dan tindak barong. Ditarikan seorang penari laki-laki yang berbusana wanita.
Untuk mengangkat tad gandrung pada panggung prosenium, pada tahun 1991 diadakan penataan tari gandrung oleh Abdul Hamid dan Dra. Luh Putu Sari Ekayani dengan menambah jumlah penari menjadi 5 orang penari wanita dan diberi nama Gandrung Rembak, dengan waktu penyajian 7 menit.
Gandrung merupakan tari pergaulan muda-mudi dan bersifat hiburan. Struktur penyajiannya terbagi menjadi 4 bagian, yaitu :
Bapangan, menggambarkan seorang gadis yang ingin menarik perhatian lawan jenisnya dengan memperlihatkan kemampuannya sendiri.
Tangis, penggambaran perasaan rindu pada seseorang untuk diajak berkomunikasi, diungkapkan Iewat link lagu.
Penepekan, memilih seorang yang disenangi untuk diajak menari. Calon penari yang terpilih dinyatakan dengan sentuhan kipas (nepek) oleh penari gandrung.
Pengibingan, pengibingan berasal dari kata ngibing yang berarti menari bersama (antara penari gandrung dan penonton yang ditepek).
Penari memakai busana kain panjang, baju lengan panjang, kemben, gelung, ampok-ampok, bapang dan membawa property kipas. Pada bagian gelung dilengkapi dengan semacam senjata dari bambu yang diruncingkan, gunanya untuk melindungi dari gangguan pasangan menari yang nakal (kurang sopan).//lombokku.com
Label:
Kesenian
07.54
Karakteristik PTK
Prinsip PTK
Menurut Hopkins (1993) ada enam prinsip penelitian tindakan kelas, yaitu :
Pengetahuan Umum Karakteristik PTK
Written By MI Ma'arif NU Karangnangka on Selasa, 15 Oktober 2013 | 07.54
Assalamulaikum, para pembaca yang budiman, lanjut lagi kemasalah PTK pada posting yang lalu kami telah menjelaskan tentang pengerian PTK, tujuan dan manfaatnya, pada kesempatan ini kami juga akan berbagi ilmu tentang karakteristik dan prinsip PTK, selamat membaca.
Karakteristik PTK
Mengingat pentingnya PTK, agar lebih jelas dalam mendalaminya maka perlu memahami karakteristiknya sebagai berikut :
- Masalah yang diteliti adalah real/nyata yang dihadapi sehari-hari didalam kelas yang menjadi kewenangan guru (On The Job Problem Oriented)
- Berorientasi pada pemecahan masalah (Problem Solving Oriented) artinya penelitian tidak menghasilkan pengertian atau pemehaman suatu masalah, tetapi menghasilkan solusi atau pemecahan masalah yang ada.
- Berorientasi pada peningkatan kualitas (Improvement Oriented). Masing-masing komponen yang ada berkembang atau berubah kearah yang lebih baik.
- Berbagai cara pengumpulan data dipergunakan (Multiple data collectio), diantaranya dengan observasi, tes, wawancara, kuisener dan lain-lain.
- Bersifat berulang (Cyclic), artinya tindakan yang dilakukan secara berulang memalui urutan perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observing), dan refleksi (reflekting).
- Adanya kolaborasi dalam pelaksanaannya (collaborative) artinya dalam pelaksanaan tindakan harus bekerja sama dengan teman sejawat yang menjadi pengamat dan menjadi teman untuk evaluasi bersama.
Menurut Hopkins (1993) ada enam prinsip penelitian tindakan kelas, yaitu :
- Tidak mengganggu komitmennya sebagai guru
- Metode pengumpulan data harus tidak mengganggu proses pembelajaran
- Metode peneltitian yang digunakan hendaknya yang dapat menjawab hipotesis
- Masalah yang dipilih hendaknya masalah yang benar-benar mengganggu dan guru berkomitmen untuk mengatasinya
- Guru harus konsisten dan perbaikan dan meningkatkan kualitas pembelajaran
- Cakupan permasalahan tidak dibatasi pada masalah pembelajaran dikelas, tetapi dapat diperluar pada tataran di luar kelas.
Label:
Pengetahuan Umum
06.46
Apa PTK itu?
Apa Tujuan PTK ?
Berdasarkan pengertian di atas, PTK berjuan untuk :
Apa Manfaat PTK?
Manfaat yang didapat dari pelaksanaan PTK diantaranya :
Oke sementara itu dulu, nanti akan lanjut para Karakteristik PTK dan Prinsip PTK, Assalamualaikum.
Pengetahuan Umum Konsep Dasar PTK
Assalamualaikum, Pembaca yang budiman ketemu lagi di blog MI Ma'arif NU Karangnangka, Kali ini kami akan sedikit bertukar ilmu tentang Konsep Dasar PTK atau Penelitian Tindakan Kelas, langsung saja,
Apa PTK itu?
Penelitaian pendidikan, pada umumnya, dilakukan oleh pakar atau peneliti, baik yang bekerja pada perguruan tinggi khususnya LPTK maupun di berbagai lembaga penelitian yang mandiri. Dengan pola yang seperti itu, tidak mustahil jika hasilnya berdampak pada kebijakan yang kebanyakan berlaku umum, acap kali tidak secara langsung sesuai dengan kebutuhan pada setiap interaksi pembelajaran di kelas yang sifatnya khas dan setempat. Kelas seringkali dijadikan kancah penelitian, namun permasalahan-permasalahan yang diteliti kurang dihayati oleh guru. Dengan kata lain, guru hanya dijadikan objek penelitian
Bertolak dari hal-hal tersebut maka muncul pemikiran mengapa penelitian tidak langsung sja dilakukan oleh guru sebagai pengajar yang mengetahui dengan pasti kebutuhan dan permasalahan yang ada di kelasnya. Dengan demikian hasil penelitian dapat diterapkan langsung dan cocok dengan situasi dan kondisi setempat. Maka akhir-akhir ini berkembang suatu penelitian tindakan berbasis pada kelas atau sekolah yang disebut dengan Penelitan Tindakan Kelas (PTK).
Sebagai suatu penelitian kelas, PTK mampu mengenali adanya kesulitan dalam proses belajar mengajar, baik dari segi guru atau pengajar, peserta didik, maupun interaksi komponen-komponen pembelajaran (bahan ajar, media, pendekatan, metode, strategi, seting kelas, penilaian), sehingga dapat mencari solusi yang tepat sesuai dengan situati dan kondisi real kelas tersebut. Dengan demikian lebih menjanjikan dampak langsung para pendidik untuk memperoleh "teori" yang langsung dibangunnya sendiri, bukan yang diberikan oelh pihak lain atau sebagai the theorizing practitioner.
Kemudian yang menjadi pertanyaan adalah apa pengertian PTK? dalam literatur bahasa inggris PTK disebut dengan classroom action research. Mengutip definisi yang dikemukakan oleh Stephen Kemmis seperti dikutip dalam D. Hopkins dalam bukunya yang berjudul A Teacher's Guide To Classroom Reasearch, Bristol, PA, Open University Press 1993 hal 44 dapat dijelaskan pengertian PTK adalah sebagai suatu bentuk kajian yang bersifat reflektif oleh pelaku tindakan, yang dilakukan untuk meningkatkan kemantapan rasional dari tindakan -tindakan mereka dalam melaksanakan tugas, memperdalam pemahaman terhadap tindakan-tindakan yang dilakukan itu, memperbaiki kondisi di mana praktek-praktek pembelajaran tersebut dilakukan, serta dilakukan secara kolaboratif.
Apa Tujuan PTK ?
Berdasarkan pengertian di atas, PTK berjuan untuk :
- Memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran
- Membantu memberdayakan guru dalam memecahkan masalah pembelajaran dikelas
- Mendorong guru untuk selalu berfikir kritis terhadap apa yang mereka lakukan sehingga menemukan teori sendiri yang tanpa tergantung teori-teori yang mutlak-mutlak yang bersifat universal yang ditemukan oleh pakar peneliti yang sering kali tidak cocok dengan situasi dan kondisi kelas.
Manfaat yang didapat dari pelaksanaan PTK diantaranya :
- Inovasi pembelajaran (metode, media, evaluasi)
- Pengembangan kurikulum di tingkat kelas dan di tingkat sekolah
- Perbaikan dan atau peningkatan kinerja belajar dan kompetensi siswa
- Peningkatan profesionalisme guru
Label:
Pengetahuan Umum
16.02
Application:
Residential Buildings
Commercial Buildings
Hospitals
Laboratories
Research Facilities
Parking Garages
and many more
Key Features:
15 sensor capacity
>30 plug & play sensor choices
Extensive, easy to use menu system
Rugged ABS enclosure with swivel handle acts as stand support
Internal sample pump with inline filter
Large, backlit, multi-line, LCD display
Data logging to SD flash card
Menu control positive sampling
RoHS compliant circuit boards
Circuit: Powerful microprocessor, user configurable
Sample: Internal, automatic sample pump for “active” sampling of target environment
Operating Temperature: 5°C to 50°C (41°F to 122°F)
Humidity: 0 - 99% RH non-condensing
Note: Measurements above are sensor dependent.
Pending Certification:
CE standards for safety: I.S.EN61010-1:2001 (Ed.2)
CE standards for emissions: EN 50270:2006
CE standards for immunity: EN 50270:2006
Teknologi Alat Pengukur Udara
Written By MI Ma'arif NU Karangnangka on Minggu, 13 Oktober 2013 | 16.02
YES Plus LGA adalah alat pengukur udara multi-gas kualitas
udara pemantauan dan informasi alat rekaman yang secara bersamaan
mengukur dan catatan hingga lima belas sensor. Dengan lebih dari 30
steker yang berbeda dan sensor permainan untuk memilih dari, pengguna
dapat memantau secara akurat lebih dalam, satu mudah untuk membawa
instrumen.
Menampilkan sensor kapasitas saluran termasuk lima belas RH dan
Temperature, YES Plus LGA dapat menangani hingga 12 tambahan plug &
play sensor yang terdiri dari maksimal delapan beracun elektrokimia
sensor gas atau oksigen, empat sensor imbang tinggi saat ini seperti PID
inframerah atau katalitik, dan sensor jarak jauh partikulat seperti
YESDUST tersebut.
Itu, besar backlit, multi-line bergulir layar LCD menunjukkan
jenis sensor dipasang dan diukur nilai untuk setiap gas, status baterai
dan banyak lagi. Sistem ini memanfaatkan hidup lama isi ulang baterai
NiMH menyediakan lebih dari 24-jam waktu berjalan, tergantung pada array
sensor diinstal. Pengguna juga dapat mengatur satu tingkat alarm untuk
masing-masing gas untuk mengaktifkan alarm bunyi internal. Sistem ini
ditempatkan di sebuah kandang ABS kasar dengan pegangan putar untuk
bertindak sebagai dukungan berdiri atau untuk membawa instrumen.
Sebuah sampel udara dari lingkungan target dikirim ke sensor
melalui "sampling aktif" oleh pompa imbang sampel internal. Lebih dari
satu juta titik data dapat ditebang dan disimpan pada kartu built-in
flash SD untuk kenyamanan.
Paket YA Logger opsional terdiri dari SD 2 GB kartu flash, kabel
USB, YES perangkat lunak Viewer, dan flash SD card reader. SD kartu
flash pembaca menyimpan data dan dapat ditransfer. Atau, data dapat
didownload melalui instrumen menggunakan koneksi USB standar. Viewer YES
perangkat lunak PC akan memungkinkan pengguna untuk menganalisis dan
data grafik.
Residential Buildings
Commercial Buildings
Hospitals
Laboratories
Research Facilities
Parking Garages
and many more
Key Features:
15 sensor capacity
>30 plug & play sensor choices
Extensive, easy to use menu system
Rugged ABS enclosure with swivel handle acts as stand support
Internal sample pump with inline filter
Large, backlit, multi-line, LCD display
Data logging to SD flash card
Menu control positive sampling
RoHS compliant circuit boards
Specification:
Power Requirement: Rechargeable NiMH battery pack: 18 - 24 hours of continuous operation time
(dependent upon the sensor array installed),
c/w plug-in battery charger / 12 VDC wall adapter (100 - 240 VAC; 50 - 60 Hz)Circuit: Powerful microprocessor, user configurable
Sample: Internal, automatic sample pump for “active” sampling of target environment
Operating Temperature: 5°C to 50°C (41°F to 122°F)
Humidity: 0 - 99% RH non-condensing
Note: Measurements above are sensor dependent.
Pending Certification:
CE standards for safety: I.S.EN61010-1:2001 (Ed.2)
CE standards for emissions: EN 50270:2006
CE standards for immunity: EN 50270:2006
Jakarta,
Seruu.com - BMW Group Indonesia menampilkan mahasiswa-mahasiswi
berbakat yang tergabung dalam BMW Apprentice selama berlangsungnya
Indonesia International Motor Show 2013. BMW Apprentice adalah bagian
dari program Corporate Social Responsibility BMW Group Indonesia yang
bertujuan untuk membangun generasi muda calon pemimpin masa depan
Indonesia.
“BMW Group adalah salah satu perusahaan yang paling dikagumi di dunia dan menjadi impian tempat bekerja bagi para mahasiswa,” menurut Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur BMW Group Indonesia.
“Kami sangat bangga dapat memberikan kesempatan bagi ke-13 mahasiswa yang tergabung dalam BMW Apprentice untuk mendapatkan pelatihan dan pengembangan langsung oleh jajaran manajemen BMW Group Indonesia. Mereka menjadi duta BMW dari kalangan generasi muda.”tambah Ramesh dalam siaran persnya, Kamis (26/9/2013).
Proses pemilihan kandidat BMW Apprentice dimulai pada awal 2013 melalui beberapa universitas terkemuka di Jakarta. Program ini mendapatkan respon yang sangat positif dari para mahasiswa, dengan total aplikasi pendaftaran yang masuk lebih dari 150 formulir pendaftaran. Proses seleksi dilakukan dengan ketat, termasuk didalamnya membuat propososal untuk BMW dan mempresentasikannya dihadapan manajemen BMW Indonesia.
Sejak dimulainya program BMW Apprentice pada bulan Juni 2013 lalu, para mahasiswa terpilih ini telah mendapatkan beragam pelatihan. Mulai dari pengetahuan seputar strategi bisnis dan pemasaran, pengembangan kemampuan untuk berbicara di depan publik dan pengetahuan seputar brand BMW, kendaraan dan layanannya.
Keterlibatan BMW Apprentice dalam ajang pameran otomotif paling bergengsi di Indonesia, merupakan pengalaman yang sangat berharga.
Selama pameran IIMS 2013 berlangsung, untuk pertama kalinya BMW Group Indonesia menampilkan BMW Apprentice untuk menyambut para pengunjung serta memberikan informasi lengkap seputar rangkaian model kendaraan BMW yang ditampilkan. BMW Apprentice tidak hanya menjawab pertanyaan seputar rangkaian model kendaraan BMW tetapi juga membantu pengunjung untuk memilih model kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Keberadaan BMW Apprentice menjadi keunikan tersendiri yang membedakan BMW dengan brand lain yang hadir di IIMS 2013.
Program pelatihan dan pengembangan bagi BMW Apprentice akan dilakukan secara konsisten di waktu yang akan datang termasuk kesempatan bagi salah satu BMW Apprentice untuk berkunjung ke kantor pusat BMW Group di Munich untuk mendapatkan pengalaman meninjau langsung pusat riset dan pengembangan serta perakitan kendaraan BMW. [Irm]
- See more at: http://www.seruu.com/advertorial/event-a-pameran/artikel/bmw-group-tampilkan-bmw-apprentice-di-iims-2013#sthash.qNUtyESq.dpuf
“BMW Group adalah salah satu perusahaan yang paling dikagumi di dunia dan menjadi impian tempat bekerja bagi para mahasiswa,” menurut Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur BMW Group Indonesia.
“Kami sangat bangga dapat memberikan kesempatan bagi ke-13 mahasiswa yang tergabung dalam BMW Apprentice untuk mendapatkan pelatihan dan pengembangan langsung oleh jajaran manajemen BMW Group Indonesia. Mereka menjadi duta BMW dari kalangan generasi muda.”tambah Ramesh dalam siaran persnya, Kamis (26/9/2013).
Proses pemilihan kandidat BMW Apprentice dimulai pada awal 2013 melalui beberapa universitas terkemuka di Jakarta. Program ini mendapatkan respon yang sangat positif dari para mahasiswa, dengan total aplikasi pendaftaran yang masuk lebih dari 150 formulir pendaftaran. Proses seleksi dilakukan dengan ketat, termasuk didalamnya membuat propososal untuk BMW dan mempresentasikannya dihadapan manajemen BMW Indonesia.
Sejak dimulainya program BMW Apprentice pada bulan Juni 2013 lalu, para mahasiswa terpilih ini telah mendapatkan beragam pelatihan. Mulai dari pengetahuan seputar strategi bisnis dan pemasaran, pengembangan kemampuan untuk berbicara di depan publik dan pengetahuan seputar brand BMW, kendaraan dan layanannya.
Keterlibatan BMW Apprentice dalam ajang pameran otomotif paling bergengsi di Indonesia, merupakan pengalaman yang sangat berharga.
Selama pameran IIMS 2013 berlangsung, untuk pertama kalinya BMW Group Indonesia menampilkan BMW Apprentice untuk menyambut para pengunjung serta memberikan informasi lengkap seputar rangkaian model kendaraan BMW yang ditampilkan. BMW Apprentice tidak hanya menjawab pertanyaan seputar rangkaian model kendaraan BMW tetapi juga membantu pengunjung untuk memilih model kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Keberadaan BMW Apprentice menjadi keunikan tersendiri yang membedakan BMW dengan brand lain yang hadir di IIMS 2013.
Program pelatihan dan pengembangan bagi BMW Apprentice akan dilakukan secara konsisten di waktu yang akan datang termasuk kesempatan bagi salah satu BMW Apprentice untuk berkunjung ke kantor pusat BMW Group di Munich untuk mendapatkan pengalaman meninjau langsung pusat riset dan pengembangan serta perakitan kendaraan BMW. [Irm]
- See more at: http://www.seruu.com/advertorial/event-a-pameran/artikel/bmw-group-tampilkan-bmw-apprentice-di-iims-2013#sthash.qNUtyESq.dpuf
Jakarta,
Seruu.com - BMW Group Indonesia menampilkan mahasiswa-mahasiswi
berbakat yang tergabung dalam BMW Apprentice selama berlangsungnya
Indonesia International Motor Show 2013. BMW Apprentice adalah bagian
dari program Corporate Social Responsibility BMW Group Indonesia yang
bertujuan untuk membangun generasi muda calon pemimpin masa depan
Indonesia.
“BMW Group adalah salah satu perusahaan yang paling dikagumi di dunia dan menjadi impian tempat bekerja bagi para mahasiswa,” menurut Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur BMW Group Indonesia.
“Kami sangat bangga dapat memberikan kesempatan bagi ke-13 mahasiswa yang tergabung dalam BMW Apprentice untuk mendapatkan pelatihan dan pengembangan langsung oleh jajaran manajemen BMW Group Indonesia. Mereka menjadi duta BMW dari kalangan generasi muda.”tambah Ramesh dalam siaran persnya, Kamis (26/9/2013).
Proses pemilihan kandidat BMW Apprentice dimulai pada awal 2013 melalui beberapa universitas terkemuka di Jakarta. Program ini mendapatkan respon yang sangat positif dari para mahasiswa, dengan total aplikasi pendaftaran yang masuk lebih dari 150 formulir pendaftaran. Proses seleksi dilakukan dengan ketat, termasuk didalamnya membuat propososal untuk BMW dan mempresentasikannya dihadapan manajemen BMW Indonesia.
Sejak dimulainya program BMW Apprentice pada bulan Juni 2013 lalu, para mahasiswa terpilih ini telah mendapatkan beragam pelatihan. Mulai dari pengetahuan seputar strategi bisnis dan pemasaran, pengembangan kemampuan untuk berbicara di depan publik dan pengetahuan seputar brand BMW, kendaraan dan layanannya.
Keterlibatan BMW Apprentice dalam ajang pameran otomotif paling bergengsi di Indonesia, merupakan pengalaman yang sangat berharga.
Selama pameran IIMS 2013 berlangsung, untuk pertama kalinya BMW Group Indonesia menampilkan BMW Apprentice untuk menyambut para pengunjung serta memberikan informasi lengkap seputar rangkaian model kendaraan BMW yang ditampilkan. BMW Apprentice tidak hanya menjawab pertanyaan seputar rangkaian model kendaraan BMW tetapi juga membantu pengunjung untuk memilih model kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Keberadaan BMW Apprentice menjadi keunikan tersendiri yang membedakan BMW dengan brand lain yang hadir di IIMS 2013.
Program pelatihan dan pengembangan bagi BMW Apprentice akan dilakukan secara konsisten di waktu yang akan datang termasuk kesempatan bagi salah satu BMW Apprentice untuk berkunjung ke kantor pusat BMW Group di Munich untuk mendapatkan pengalaman meninjau langsung pusat riset dan pengembangan serta perakitan kendaraan BMW. [Irm]
- See more at: http://www.seruu.com/advertorial/event-a-pameran/artikel/bmw-group-tampilkan-bmw-apprentice-di-iims-2013#sthash.qNUtyESq.dpuf
“BMW Group adalah salah satu perusahaan yang paling dikagumi di dunia dan menjadi impian tempat bekerja bagi para mahasiswa,” menurut Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur BMW Group Indonesia.
“Kami sangat bangga dapat memberikan kesempatan bagi ke-13 mahasiswa yang tergabung dalam BMW Apprentice untuk mendapatkan pelatihan dan pengembangan langsung oleh jajaran manajemen BMW Group Indonesia. Mereka menjadi duta BMW dari kalangan generasi muda.”tambah Ramesh dalam siaran persnya, Kamis (26/9/2013).
Proses pemilihan kandidat BMW Apprentice dimulai pada awal 2013 melalui beberapa universitas terkemuka di Jakarta. Program ini mendapatkan respon yang sangat positif dari para mahasiswa, dengan total aplikasi pendaftaran yang masuk lebih dari 150 formulir pendaftaran. Proses seleksi dilakukan dengan ketat, termasuk didalamnya membuat propososal untuk BMW dan mempresentasikannya dihadapan manajemen BMW Indonesia.
Sejak dimulainya program BMW Apprentice pada bulan Juni 2013 lalu, para mahasiswa terpilih ini telah mendapatkan beragam pelatihan. Mulai dari pengetahuan seputar strategi bisnis dan pemasaran, pengembangan kemampuan untuk berbicara di depan publik dan pengetahuan seputar brand BMW, kendaraan dan layanannya.
Keterlibatan BMW Apprentice dalam ajang pameran otomotif paling bergengsi di Indonesia, merupakan pengalaman yang sangat berharga.
Selama pameran IIMS 2013 berlangsung, untuk pertama kalinya BMW Group Indonesia menampilkan BMW Apprentice untuk menyambut para pengunjung serta memberikan informasi lengkap seputar rangkaian model kendaraan BMW yang ditampilkan. BMW Apprentice tidak hanya menjawab pertanyaan seputar rangkaian model kendaraan BMW tetapi juga membantu pengunjung untuk memilih model kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Keberadaan BMW Apprentice menjadi keunikan tersendiri yang membedakan BMW dengan brand lain yang hadir di IIMS 2013.
Program pelatihan dan pengembangan bagi BMW Apprentice akan dilakukan secara konsisten di waktu yang akan datang termasuk kesempatan bagi salah satu BMW Apprentice untuk berkunjung ke kantor pusat BMW Group di Munich untuk mendapatkan pengalaman meninjau langsung pusat riset dan pengembangan serta perakitan kendaraan BMW. [Irm]
- See more at: http://www.seruu.com/advertorial/event-a-pameran/artikel/bmw-group-tampilkan-bmw-apprentice-di-iims-2013#sthash.qNUtyESq.dpuf
Jakarta,
Seruu.com - BMW Group Indonesia menampilkan mahasiswa-mahasiswi
berbakat yang tergabung dalam BMW Apprentice selama berlangsungnya
Indonesia International Motor Show 2013. BMW Apprentice adalah bagian
dari program Corporate Social Responsibility BMW Group Indonesia yang
bertujuan untuk membangun generasi muda calon pemimpin masa depan
Indonesia. - See more at:
http://www.seruu.com/advertorial/event-a-pameran/artikel/bmw-group-tampilkan-bmw-apprentice-di-iims-2013#sthash.qNUtyESq.dpuf
Jakarta,
Seruu.com - BMW Group Indonesia menampilkan mahasiswa-mahasiswi
berbakat yang tergabung dalam BMW Apprentice selama berlangsungnya
Indonesia International Motor Show 2013. BMW Apprentice adalah bagian
dari program Corporate Social Responsibility BMW Group Indonesia yang
bertujuan untuk membangun generasi muda calon pemimpin masa depan
Indonesia.
“BMW Group adalah salah satu perusahaan yang paling dikagumi di dunia dan menjadi impian tempat bekerja bagi para mahasiswa,” menurut Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur BMW Group Indonesia.
- See more at: http://www.seruu.com/advertorial/event-a-pameran/artikel/bmw-group-tampilkan-bmw-apprentice-di-iims-2013#sthash.qNUtyESq.dpuf
“BMW Group adalah salah satu perusahaan yang paling dikagumi di dunia dan menjadi impian tempat bekerja bagi para mahasiswa,” menurut Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur BMW Group Indonesia.
- See more at: http://www.seruu.com/advertorial/event-a-pameran/artikel/bmw-group-tampilkan-bmw-apprentice-di-iims-2013#sthash.qNUtyESq.dpuf
Jakarta,
Seruu.com - BMW Group Indonesia menampilkan mahasiswa-mahasiswi
berbakat yang tergabung dalam BMW Apprentice selama berlangsungnya
Indonesia International Motor Show 2013. BMW Apprentice adalah bagian
dari program Corporate Social Responsibility BMW Group Indonesia yang
bertujuan untuk membangun generasi muda calon pemimpin masa depan
Indonesia.
“BMW Group adalah salah satu perusahaan yang paling dikagumi di dunia dan menjadi impian tempat bekerja bagi para mahasiswa,” menurut Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur BMW Group Indonesia.
- See more at: http://www.seruu.com/advertorial/event-a-pameran/artikel/bmw-group-tampilkan-bmw-apprentice-di-iims-2013#sthash.qNUtyESq.dpuf
“BMW Group adalah salah satu perusahaan yang paling dikagumi di dunia dan menjadi impian tempat bekerja bagi para mahasiswa,” menurut Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur BMW Group Indonesia.
- See more at: http://www.seruu.com/advertorial/event-a-pameran/artikel/bmw-group-tampilkan-bmw-apprentice-di-iims-2013#sthash.qNUtyESq.dpuf
Jakarta,
Seruu.com - BMW Group Indonesia menampilkan mahasiswa-mahasiswi
berbakat yang tergabung dalam BMW Apprentice selama berlangsungnya
Indonesia International Motor Show 2013. BMW Apprentice adalah bagian
dari program Corporate Social Responsibility BMW Group Indonesia yang
bertujuan untuk membangun generasi muda calon pemimpin masa depan
Indonesia.
“BMW Group adalah salah satu perusahaan yang paling dikagumi di dunia dan menjadi impian tempat bekerja bagi para mahasiswa,” menurut Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur BMW Group Indonesia.
- See more at: http://www.seruu.com/advertorial/event-a-pameran/artikel/bmw-group-tampilkan-bmw-apprentice-di-iims-2013#sthash.qNUtyESq.dpuf
“BMW Group adalah salah satu perusahaan yang paling dikagumi di dunia dan menjadi impian tempat bekerja bagi para mahasiswa,” menurut Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur BMW Group Indonesia.
- See more at: http://www.seruu.com/advertorial/event-a-pameran/artikel/bmw-group-tampilkan-bmw-apprentice-di-iims-2013#sthash.qNUtyESq.dpuf
Jakarta,
Seruu.com - BMW Group Indonesia menampilkan mahasiswa-mahasiswi
berbakat yang tergabung dalam BMW Apprentice selama berlangsungnya
Indonesia International Motor Show 2013. BMW Apprentice adalah bagian
dari program Corporate Social Responsibility BMW Group Indonesia yang
bertujuan untuk membangun generasi muda calon pemimpin masa depan
Indonesia.
“BMW Group adalah salah satu perusahaan yang paling dikagumi di dunia dan menjadi impian tempat bekerja bagi para mahasiswa,” menurut Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur BMW Group Indonesia.
“Kami sangat bangga dapat memberikan kesempatan bagi ke-13 mahasiswa yang tergabung dalam BMW Apprentice untuk mendapatkan pelatihan dan pengembangan langsung oleh jajaran manajemen BMW Group Indonesia. Mereka menjadi duta BMW dari kalangan generasi muda.”tambah Ramesh dalam siaran persnya, Kamis (26/9/2013).
Proses pemilihan kandidat BMW Apprentice dimulai pada awal 2013 melalui beberapa universitas terkemuka di Jakarta. Program ini mendapatkan respon yang sangat positif dari para mahasiswa, dengan total aplikasi pendaftaran yang masuk lebih dari 150 formulir pendaftaran. Proses seleksi dilakukan dengan ketat, termasuk didalamnya membuat propososal untuk BMW dan mempresentasikannya dihadapan manajemen BMW Indonesia.
Sejak dimulainya program BMW Apprentice pada bulan Juni 2013 lalu, para mahasiswa terpilih ini telah mendapatkan beragam pelatihan. Mulai dari pengetahuan seputar strategi bisnis dan pemasaran, pengembangan kemampuan untuk berbicara di depan publik dan pengetahuan seputar brand BMW, kendaraan dan layanannya.
Keterlibatan BMW Apprentice dalam ajang pameran otomotif paling bergengsi di Indonesia, merupakan pengalaman yang sangat berharga.
Selama pameran IIMS 2013 berlangsung, untuk pertama kalinya BMW Group Indonesia menampilkan BMW Apprentice untuk menyambut para pengunjung serta memberikan informasi lengkap seputar rangkaian model kendaraan BMW yang ditampilkan. BMW Apprentice tidak hanya menjawab pertanyaan seputar rangkaian model kendaraan BMW tetapi juga membantu pengunjung untuk memilih model kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Keberadaan BMW Apprentice menjadi keunikan tersendiri yang membedakan BMW dengan brand lain yang hadir di IIMS 2013.
Program pelatihan dan pengembangan bagi BMW Apprentice akan dilakukan secara konsisten di waktu yang akan datang termasuk kesempatan bagi salah satu BMW Apprentice untuk berkunjung ke kantor pusat BMW Group di Munich untuk mendapatkan pengalaman meninjau langsung pusat riset dan pengembangan serta perakitan kendaraan BMW
- See more at: http://www.seruu.com/advertorial/event-a-pameran/artikel/bmw-group-tampilkan-bmw-apprentice-di-iims-2013#sthash.qNUtyESq.dpuf
“BMW Group adalah salah satu perusahaan yang paling dikagumi di dunia dan menjadi impian tempat bekerja bagi para mahasiswa,” menurut Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur BMW Group Indonesia.
“Kami sangat bangga dapat memberikan kesempatan bagi ke-13 mahasiswa yang tergabung dalam BMW Apprentice untuk mendapatkan pelatihan dan pengembangan langsung oleh jajaran manajemen BMW Group Indonesia. Mereka menjadi duta BMW dari kalangan generasi muda.”tambah Ramesh dalam siaran persnya, Kamis (26/9/2013).
Proses pemilihan kandidat BMW Apprentice dimulai pada awal 2013 melalui beberapa universitas terkemuka di Jakarta. Program ini mendapatkan respon yang sangat positif dari para mahasiswa, dengan total aplikasi pendaftaran yang masuk lebih dari 150 formulir pendaftaran. Proses seleksi dilakukan dengan ketat, termasuk didalamnya membuat propososal untuk BMW dan mempresentasikannya dihadapan manajemen BMW Indonesia.
Sejak dimulainya program BMW Apprentice pada bulan Juni 2013 lalu, para mahasiswa terpilih ini telah mendapatkan beragam pelatihan. Mulai dari pengetahuan seputar strategi bisnis dan pemasaran, pengembangan kemampuan untuk berbicara di depan publik dan pengetahuan seputar brand BMW, kendaraan dan layanannya.
Keterlibatan BMW Apprentice dalam ajang pameran otomotif paling bergengsi di Indonesia, merupakan pengalaman yang sangat berharga.
Selama pameran IIMS 2013 berlangsung, untuk pertama kalinya BMW Group Indonesia menampilkan BMW Apprentice untuk menyambut para pengunjung serta memberikan informasi lengkap seputar rangkaian model kendaraan BMW yang ditampilkan. BMW Apprentice tidak hanya menjawab pertanyaan seputar rangkaian model kendaraan BMW tetapi juga membantu pengunjung untuk memilih model kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Keberadaan BMW Apprentice menjadi keunikan tersendiri yang membedakan BMW dengan brand lain yang hadir di IIMS 2013.
Program pelatihan dan pengembangan bagi BMW Apprentice akan dilakukan secara konsisten di waktu yang akan datang termasuk kesempatan bagi salah satu BMW Apprentice untuk berkunjung ke kantor pusat BMW Group di Munich untuk mendapatkan pengalaman meninjau langsung pusat riset dan pengembangan serta perakitan kendaraan BMW
- See more at: http://www.seruu.com/advertorial/event-a-pameran/artikel/bmw-group-tampilkan-bmw-apprentice-di-iims-2013#sthash.qNUtyESq.dpuf
Label:
Teknologi
19.49
Masalah Remaja Pada Pembelajaran
Written By MI Ma'arif NU Karangnangka on Sabtu, 12 Oktober 2013 | 19.49
Masalah remaja pada pembelajaran diantaranya :
Ada dua golongan besar yang termasuk faktor luar yang mempengaruhi manusia. Dua golongan itu ialah golongan organis, yaitu manusia, binatang dan tumbuh-tumbuhan, dan golongan anorganis, termasuk didalamnya adalah keadaan alam dan benda-benda.
Ada dua golongan besar yang termasuk faktor luar yang mempengaruhi manusia. Dua golongan itu ialah golongan organis, yaitu manusia, binatang dan tumbuh-tumbuhan, dan golongan anorganis, termasuk didalamnya adalah keadaan alam dan benda-benda.
Ini semua ikut memberi warna dalam perkembangan seseorang. Oleh karena
itu sikap seseorang anak kota berlainan dengan anak desa. Bukan
perbedaan kualitas dan yang lainnya, melainkan hanya berbeda dalam
bentuk atau gambarnya. Perbedaan ini disebabkan oleh factor dalamnya.
Suatu contoh: Pada suatu hari, di sebuah desa kedatangan seseorang dari
kota, yang berpakaian rapi, mencari burung dengan senjata angin, dengan
naik mobil dan membeli apa saja yang dapat dibeli untuk oleh-oleh.
Kedatangan orang itu membawa pengaruh banyak sekali kepada anak-anak
desa itu. Yang seorang tertarik dengan pakaiannya yang rapi, sehingga
anak itu menjadi seorang gubernur, yang seorang lagi tertarik oleh
senapannya, akhirnya anak itu tumbuh menjadi seorang jendral, yang
seorang lagi tertarik oleh uangnya yang banyak, sehingga akhirnya anak
itu tumbuh menjadi lintah darat, dan sebagainya.
Dengan contoh di atas, mengertilah kiranya apa yang dimaksud oleh
WILLIAM STERN dengan teorinya itu. Dan inilah yang menyebabkan tidak
satupun seseorang yang sama dengan orang lain, dalam bentuk atau
gambarnya, sekalipun orang itu kembar dari sebuah telur.[1]
2. Faktor Dalam, Faktor Dasar (intern)
a. Perkembangan Seksualitas
Terbawa oleh perkembangan jasmani yang mendekati dalam masa remaja ini,
matang jugalah kelenjar-kelenjar kelamin dalam dirinya, baik bagi anak
putri maupun bagi anak putra. Hal ini menumbuhkan adanya desakan-desakan
baru didalam jiwa si anak, yaitu desakan yang menghendaki layanan
seksualitas. Inilah sebabnya anak putra dan anak putri saling bersedia
kembali bekerjasama seperti sebelum berpisah pada fase pueral.
Kesediaan bekerjasama yang lebih mendalam (sampai pemenuhan kebutuhan)
rohani ini, menyebabkan keduanya saling menyelidik, sampai di manakah
kiranya seluruh kebutuhan ini dapat dilayani oleh lawan jenisnya ini.
Tentulah makin cepat mereka mendapatkan pelayanan berarti makin mudah
mendapatkan pemenuhan dan itu berarti kurang teliti dalam memilihnya.
Perkawinan semacam inilah yang sering menyebabkan perceraian, oleh
karena itu di kemudian hari ternyata pelayanan itu tidak menyeluruh.
Untuk mencegah agar hal-hal yang tidak dikehendaki semacam itu, perlu
diteliti terlebih dahulu, apakah pertumbuhan kepada lain jenis itu
disertai sikap saling hormat menghormati, harga menghargai dan saling
melindungi. Bila sifat-sifat itu juga didalamnya, dapat diharapkan bahwa
kebutuhan pemenuhan perkembangan seksualitas yang mendesak diri remaja
tersebut dapat bertemu didalam bentuk perkawinan yang bahagia.
b. Perkembangan Fantasi
Perkembangan fantasi ini, bermula pada fase kanak-kanak. Tetapi arah
perkembangannya berubah pada waktu fase remaja. Setelah menyaksikan
tumbuhnya tubuh yang lain dari biasanya pada lawan jenisnya. Melihat
itu, mereka saling berfantasi, oleh karena keduanya saling tidak
mengerti apakah faedahnya sebelum ia melakukan fungsinya yang
sebenarnya.
Si laki-laki bangga dengan kumisnya, tetapi ia tidak mengerti untuk
apakah sebenarnya kumis itu. Si wanita bangga dengan miliknya yang
menghiasi dadanya, tetapi ia pun belum mengerti faedahnya sebelum
kelahiran bayinya. Keduanya saling berfantasi, dan demikian suburlah
perkembangan fantasi remaja waktu itu. Dan inilah yang dipergunakan
sebagai modal untuk menulis surat dengan bunga-bunga bahasa yang
dirasakan bagus sekali untuk dinikmati. Inilah sebabnya mengapa masalah
cinta pertama yang sering sukar dihapuskan bekasnya bagi siapapun juga
yang mengalaminya.
c. Perkembangan Emosi
Perkembangan ini mulai nampak pada masa remaja fase negative. Pada saat
itu emosi remaja serba tidak menentu. Ia sangat gelisah tetapi ia tidak
mengerti, mengapa ia demikian resah, gelisah, sedih. Ia bersikap menolak
perintah, harapan, anjuran, maupun keinginan orang tua/gurunya, tetapi
ia tidak mengerti apa yang akan diperbuat setelah menolak semuanya itu.
Pada akhir fase ini, ia berusaha untuk menjadi pusat perhatian dari
lingkungannya. Ia bersikap egois, bahkan ia merasa serba super, sehingga
mau tidak mau lawan jenisnya tertarik, mengagumi dan akhirnya berserah
diri padanya. Darahnya mudah menggelora, ia adalah pemberani yang
kadang-kadang kurang perhitungan, tingkah lakunya kasar, penaik darah,
mudah tersinggung dan tidak takut mati. Ini semua hanya berlangsung
singkat, kemudian ia berkembang menjadi harmonis sedikit demi sedikit.
Ia mulai memuja sesuatu yang baik, apakah itu keadaan alam, sesuatu
hasil seni ataukah itu lawan jenisnya. Ia bersikap memuja, baik kepada
gurunya yang meghargai karyanya ataukah itu orang tuanya, yang memuji
kepandaiannya, apakah itu seorang gadis yang mengaguminya entah karena
apanyapun. Disinilah ia mulai menemukan akunya kembali. Ia mulai percaya
kepadanya dan makin harmonislah keadaannya.
d. Perkembangan Kemauan/keinginan
Perkembangan kemauan/keinginan ini sedikit demi sedikit berbelok kearah
yang dibutuhkan oleh desakan jasmani dan rohaninya waktu itu.
Kadang-kadang keinginan itu demikian mendesak menuntut pemenuhan,
sekalipun hanya berujud ketemu gadis pujaan. Inilah mengapwaktu
berpacaran, si pacar selalu ingin bertemu, untuk sekedar bertemu muka,
jalan-jalan, menonton dan sebagainya.
Tetapi kadang-kadang oleh karena terjadi hal-hal yang lebih mendesak
sebagai akibat daripada rangsangan yang kuat maka keinginan itu mudah
berkobar, sehingga tidak jarang terjadi hal-hal yang di luar dugaan.
Oleh karena itu sekalipun mereka mendapat kebebasan dari kedua orang
tua, namun harus disertai batas-batas kebebasan yang sesuai dengan norma
yang baik yang berlaku di masyarakat yang bermoral. Suasana ethis harus
diciptakan salama mereka saling bertemu dan orang tua menyaksikan
pertemuan itu meskipun hanya untuk sementara.
e. Perkembangan Estetika
Jika pada masa negatif, aspek estetika seakan-akan mengalami kemunduran,
maka pada masa-masa berikutnya, sedikit demi sedikit mulai bangun
kembali. Jiwa remaja menjelang dewasa ini telah mampu menghayati dunia
luar lebih mendalam, sehingga mampu meresapkan apa yang dilihat,
didengar dan dirasakannya yang mampu menggerakkan jiwanya.[2]
f. Perkembangan Religi
Bagi remaja, agama memiliki arti yang sama pentingnya dengan moral.
Bahkan sebagai mana dijelaskan oleh Adams dan Gullota (1983) agama
memberikan kerangka moral sehingga membuat seorang mampu membandingkan
tingkahlakunya. Agama dapat menstabilkan tingkah laku dan bisa
mamberikan penjelasan mengapa dan untuk apa seseorang berada didunua
ini. Agama memberikan perlindungan rasa aman terutama bagi remaja yang
telah mencari eksistensi dirinya.[3]
Label:
Pembelajaran
19.31
Kesehatan Ginjal
Tips kesehatan, tipssahabat.com - Kepopuleran organ ginjal memang
masih kalah dibandingkan dengan otak atau jantung dalam berbagai
pembahasan seputar kesehatan. Akibatnya, banyak masyarakat yang kurang
atau bahkan tidak peduli dengan kesehatan ginjalnya sendiri. Padahal
peranan ginjal di dalam metabolisme tubuh sama vitalnya dengan organ
lainnya sehingga menjaga kesehatannya sudah menjadi kewajiban setiap
orang.
Tips menjaga Kesehatan Ginjal Anda |
Hal tersebut juga ternyata diakui para pekerja medis yang
menyatakan bahwa perhatian terhadap masalah kesehatan ginjal ini masih
berada di bawah jantung, otak atau hati. Tak heran bahwa banyak orang
yang baru mengetahui kalau ia menderita ginjal jika penyakitnya sudah
berada di stadium lanjut, disamping gejala penyakit ginjal yang memang
tidak begitu terlihat. Alhasil, banyak
pasien yang baru menyadarinya ketika penyakit tersebut sudah parah menggerogoti tubuhnya.
Kesehatan ginjal ini tidak boleh dipandang sebelah mata karena
jika sudah mencapai stadium berat maka biaya pengobatannya akan sangat
mahal.Harus diketahui bahwa komplikasi dari penyakit ini pun terbilang
banyak mulai dari diabetes, kardiovaskular sampai pengeroposan tulang.
Pada dasarnya, penyakit ginjal ini terbagi menjadi dua yakni
penyakit ginjal yang dapat disembuhkan dan yang tidak dapat disembuhkan.
Kedua jenis penyakit ginjal tersebut memiliki konsekuensi
medisnya masing-masing.
Penyakit ginjal yang dapat disembuhkan, misalnya batu ginjal.Penyakit
ini akan mudah diangkat jika yang menjadi faktor pencetusnya sudah
diangkat dan kinerja ginjal pun akan normal kembali.
Sedangkan penyakit ginjal yang tidak dapat disembuhkan dapat
berupa ginjal yang sudah bocor atau penyakit ginjal kronis. Namun,
meskipun tidak dapat disembuhkan, penyakit ini masih bisa disiasati
dengan menghambat proses perkembangannya yakni dengan cara menjalani
berbagai bentuk pengobatan medis dan menjalankan gaya hidup sehat.
Namun, walau bagaimanapun, hal yang terpenting ialah mencegah ketimbang
mengobati. Dan berikut merupakan kiat-kiat untuk menjaga kesehatan
ginjal Anda.
Menjaga Kadar Gula Darah
Anda harus pandai dalam menjaga kadar gula darah supaya tetap
stabil.Gula darah yang tinggi dapat menjadi salah satu faktor penyakit
ginjal.
Data yang dirilis oleh Indonesia Renal Registry menyebutkan bahwa pada
2010 silam, penyakit diabetes menyumbang sekitar 25% yang menyebabkan
penyakit ginjal.
Menjaga Kesehatan Fisik
Anda juga mesti pandai dalam menjaga kesehatan fisik dengan cara sering
berolahraga dan mengonsumsi makanan-makanan menyehatkan. Ingatlah bahwa
makanan yang banyak mengandung zat pewarna sangat berperan
dalam memengaruhi kondisi ginjal seseorang.
Begitu juga dengan kopi dan teh yang bila terlalu sering
dikonsumsi, dapat mengganggu kinerja ginjal. Mulai saat ini, cobalah
untuk lebih bijak dalam menyantap makanan/minuman dan rutin berolahraga
fisik.
Menjaga Tekanan Darah
Data menunjukkan bahwa pada tahun 2010, darah tinggi turut andil dalam
menyebabkan penyakit ginjal sebanyak 35%. Maka itu, Anda dituntut harus
pandai dalam menjaga tekanan darah supaya tidak melonjak.
Hindari makanan-makanan yang dapat memicu naiknya tekanan darah.
Cukup Minum Air Putih
Kaitannya dengan mencukupi kebutuhan air di dalam tubuh. Selain dengan
banyak mengonsumsi air putih yang memang sudah wajib untuk membantu
menjaga kesehatan ginjal, cairan di dalam tubuh juga bisa diperoleh
dengan mengonsumsi buah dan sayuran. Dehidrasi atau kekurangan cairan
sebaiknya dihindari supaya kinerja ginjal dapat terus terjaga.
Tidak Merokok dan Rutin Memeriksakan Diri
Lagi-lagi, merokok merupakan penyebab timbulnya berbagai macam penyakit
di tubuh, salah satunya ginjal. Makanya, mulai saat ini, sebisa mungkin
Anda mesti mengurangi atau bahkan tidak sama sekali merokok demi
kesehatan ginjal Anda. Ginjal sebaiknya juga diperiksakan secara rutin
dalam bentuk pemeriksaan protein dalam urin dan mengukur laju filtrasi
glomerulus atau LFG.
Label:
Kesehatan
16.57
Bercocok Tanam Modern
Pertanian
modern merupakan hal yang sangat diharapkan untuk sektor pertanian saat
ini. Apabila bicara mengenai pertanian modern, yang terpikir dalam
benak kita adalah penggunaan alat-alat canggih seperti traktor dan
lain-lain. Beberapa petani di Indonesia juga sudah ada yang menggunakan
alat-alat canggih, namun hal tersebut masih sebagian kecil yang
rata-rata digunakan oleh petani kaya atau yang sektor usaha taninya
cukup luas.
gambar-gambar di bawah ini menunjukkan pertanian modern:
Berikut ini adalah contoh pertanian modern di Negara lain:
Pertanian modern di Taiwan
Hamparan
sawah seluas satu hektar, hanya memerlukan waktu tiga jam dalam menanam
padi, jika menggunakan mesin tanam padi seperti yang ada di Taiwan.
Dengan pola tanam tersebut tentu dapat menghemat tenaga kerja, waktu
serta yang menggiurkan adalah hasil panen yang memuaskan.Per hektar
mampu menghasilkan 12 ton gabah.
Sistem
pertanian modern di Taiwan, agaknya menjadi daya tarik bagi Kepala KDEI
Taipei.Sehingga walau harus menempuh perjalanan sekitar 3 jam antara
Taipei Changhua, bapak dua putra ini tetap semangat mengikuti arahan
dari konsultan teknik Chang Kuo-An saat mengunjungi para petani Taiwan
beberapa waktu lalu.
Dalam
paparannya Mr. Chang menjelaskan, jika pertanian di Taiwan sistem
menanam padi sangat jauh dengan sistem yang ada di Indonesia.Jika petani
Indonesia dari bibit di semai dihamparan persemaian. Setelah persemaian
tumbuh dengan memakan waktu kira-kira 15 hari barulah bibit padi di
cabut(di daut) dari persemaian. Setelah itu padi baru di tanam diatas
lahan. Dalam satu hektar cara penanaman ini memerlukan waktu seminggu
dan membutuhkan tenaga kerja sekitar empat atau lima orang.
Menurut
Mr. Chang, jika sistem tanam seperti petani di Indonesia yang di
jelaskan diatas, tentu ada beberapa kekurangannya. Diantaranya, bibit
padi yang telah tumbuh di media semai, lantas di cabut lagi lalu di
tanam di lahan sawah, tentu akan kurang bagus hasilnya. Karena padi yang
di cabut akan stress dan untuk pulih memerlukan waktu seminggu.
Induknya sudah tumbuh, anakannya baru tumbuh seminggu lagi. Selanjutnya
bibit yang di cabut akar-akarnya akan tertinggal di lahan persemaian
kira-kira bisa 40 persennya. Jadi ada 40 persen bibit yang hilang.Hal
ini tentu akan mempengaruhi hasil produksi. Namun jika menggunakan
sistem ala pertanian Taiwan, bibit padi di semai di sebuah wadah pot
persegi empat dengan ketinggian 2 cm. Media tanam menggunakan campuran
tanah humus, batu bata merah yang telah di haluskan dan sekam. Gunakanya
untuk menghemat tanah dan memberi pori-pori pernafasan bibit.
Selanjutnya campuran padi dan pupuk di semaikan diatas media tanam.Hanya
memerlukan waktu sembilan hari bibit-bibit padi sudah bisa di tanam di
atas lahan sawah.
Cara
tanam dengan menggunakan mesin tanam ini hanya memerlukan waktu tiga
jam per hektar. Menggunakan mesin tanam ini, selain lebih efisien waktu
dan tenaga juga membuat tanaman rapi, karena secara otomatis mesin telah
memisah-misah bibit dengan jumlah yang sama dan dalam garis yang sama
pula.Dengan menggunakan system ini, akan memperpendek proses olah, tanam
dan petik. Mulai dari persemaian hingga panen petani akan merasakan
jika dengan system ini akan lebih menguntungkan.
Keunggulan
teknologi pertanian Taiwan ini, karena proses pertanian di dukung
dengan mesin yang seluruh prosesnya tidak banyak menyerap tenaga
manusia. Seperti yang terlihat di lokasi, jika terdapat dua ruang yang
terdapat mesin pompainer. Satu ruang khusus untuk mencampur tanah gabah
dan pupuk, serta satu ruang lagi sebagai tempat pencetakan bibit.MenuruT
Mr. Chan jika mesin pompainer berfungsi untuk menjaga mutu bibit yang
di tanam.Sementara mesin-mesin ini mampu menghasilkan produksi bibit
sekitar 3000 dapot per jam.
Suhartono
dalam kunjungannya juga sempat menjalankan mesin tanam padi.Menurutnya
mesinnya mudah dijalankan, dan jika petani Indonesia menggunakan mesin
ini, diharapkan Indonesia bakal menjadi negara surplus akan pangan.
Mengingat lahan di Indonesia masih cukup luas sementara tak di
manfaatkan dengan baik.” Jika saja Indonesia mengadopsi sistem pertanian
seperti ini, mungkin cerita soal import beras tak ada ceritanya lagi.
Terutama bagi petani, yang bakal merasakan manfaatnya karena panen bisa
tiga kali dalam setahun karena pendeknya waktu.Selain itu tenaga kerja
muda, yang mungkin malu bekerja di sawah dan memilih ke luar negeri juga
akan berkurang. Karena dengan menggunakan system pertanian modern hasil
yang di dapatkan akan memuaskan.maka kenapa mesti keluar negeri?’
ungkapnya.
Hal
senada juga diungkapkan Chang Kuo-An, jika sudah saat Indonesia
menggunakan tehnologi modern dalam pertaniannya, karena jika tidak bakal
ketinggalan dengan petani-petani dari negara lain. Yang karena
ketertinggalan tersebut akhirnya sangat tak masuk akal, jika negara
agraris sampai mengimport beras untuk memenuhi kebutuhan pangan
warganya.
Label:
Teknologi
09.06
Berita Honorer K II Diangkat Melalui Tes
Jakarta
– Humas BKN, Tenaga Honorer KII yang dapat diangkat menjadi CPNS
hanyalah mereka yang lulus tes pada 3 November mendatang. Ada pun untuk
tenaga honorer KII yang tidak lulus seleksi, kebijakannya akan
dikembalikan ke instansi masing-masing. Informasi ini disampaikan Kepala
Bagian Humas Tumpak Hutabarat pada Komisi I DPRD Kabupaten Pohuwato
Provinsi Gorontalo yang beraudiensi ke BKN Pusat di ruang rapat lantai 1
gedung I Jakarta, Rabu (9/10).
Audiensi DPRD Pohuwato dengan BKN sedang berlangsung
Dalam
pertemuan itu, seorang anggota dewan DPRD, Sudarmono Sompah, menanyakan
kebijakan pemerintah pusat terhadap honorer yang tidak lulus seleksi. “Kalau
honorer yang tidak lulus tes seleksi langsung diberhentikan, lantas
bagaimana dengan perkembangan mutu pendidikan di daerah kami?” tanynya.
“Karena kebanyakan honorer tersebut merupakan gurur di berbagai sekolah
di pedalaman Porvinsi Gorontalo,” lanjutnya.
Menanggapi
pertanyaan tersebut Tumpak Hutabarat menjelaskan bahwa daerah harus
punya komitmen terhadap pembenahan dalam penggunaan anggaran yang ada,
jangan sampai belanja pegawai menghabiskan APBD/APBN. “Saya juga
berharap kepada daerah untuk dapat mengkoordinasikan dengan baik kepada
honorer yang tidak lulus tes agar dapat memaklumi keputusan yang ada
dengan bijak.” ujarnya. (Indah/Dini).
Label:
Berita
08.40
Contoh Administrasi Guru
Assalamualaikum, dalam pembelajaran guru dituntuk mempunyai administrasi yang perkaitan dengan kegiatan proses belajar mengajar, dengan mempunyai administrasi, guru akan lebih mudah dalam mengerjakan tugasnya dan juga mempunyai dokumen yang dapat dipertanggungjawabkan. Administrasi guru jika diulas banyak macamnya disini kami memberi contoh administrasi untuk guru mata pelajaran untuk filenya dapat dilihat dibawah ini
klik disini
Label:
Perangkat
09.14
Berita Kemenag Tentang Perencana Pendidikan Madrasah
Written By MI Ma'arif NU Karangnangka on Kamis, 10 Oktober 2013 | 09.14
Batam
(Pinmas) — Selain harus memahami secara teknis dalam melakukan
perencanaan program dan kegiatan, para perencana yang ada di bawah
Direktorat Pendidikan Madrasah juga dituntut untuk memahami konten
perencanaan. Konten yang dimaskudkan ialah memahami ruh madrasah itu
sendiri, “dua hal ini harus dikuasi oleh para perencana di seluruh
tingkat kantor wilayah,” kata Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nur
Syam, Rabu kemarin (9/10) di Batam, Kepulauan Riau.
Dalam
sambutannya pada Kegiatan Orientasi Sistem Perencanaan Pendidikan
Madrasah yang berlansung hingga Jumat (11/9) besok, Penulis buku Islam
Pesisir ini menyatakan bahwa dalam konten perencanaan harus punya
gambaran terkait pengembangan akses dan pemerataan pendidikan,
peningkatan mutu, relevansi dan daya saing madrasah dan peningkatan tata
kelola birokrasi, “ itu kita harus punya sense itu supaya kita tidak
salah mengeksekusi (anggaran-red), ini yang saya sebut sebagai konten
yang jauh lebih penting ketimbang persoalan administratif perencana,”
terang Dirjen Pendis.
Dalam
kegiatan yang diikuti oleh para perencana madrasah di tingkat Kanwil
itu juga Nur Syam menegaskan bahwa hal itu juga harus didukung pula
dengan kesadaran dan pemahaman para perencana juga harus memahami
rencana strategis pemerintah, seperti Rencana Pembangunan Jangka
Menengah (RPJM) dan lainya, “itu harus kita
fahami, karena kita menggunakna perencanaan berbasis sistem yang harus
didasarkan pada hasil serapan yang ada di wilayah,” tukasnya.
Dalam
sejarahnya, lanjut Dirjen Pendis, ada tiga sistem perencanaan dalam
bernegara dan pemerintah, pada zaman orde baru (orba) sistem yang
digunakan dalam perencanaan menggunakan sistem top down yang
hanya mencerminkan keinginan pemerintah pusat, “jadi tidak mencerminkan
perubahan, karena sudah dirancang dari pusat, ini yang kemudian dikritik
banyak orang karena tidak melibatkan bawahan,” paparnya.
Kemudian,
munculnya kritik yang akhirnya menghasilkan sistem perencanan berbasis
button up planning dimana perencanaan tersebut dirumuskan dari bawah
lalu diusulkan pimpinan pusat, “maka, perencana disusun setahun sebelum
tahun eksekusi, kemudian dikenal istilah pagu indikatif, pagu sementara.
Dan adanya pagu difinitif itu sesunguhnya disebut perencanaan berbasi
button up sistem, ini yang menadi satua keharusan,” paparnya lagi. Oleh
sebab itu itu maka sistem tersebut harus kuat dibawah dan kuat diatas
supaya terjadi keseimbangan.
Lalu,
Dirjen Pendis melanjutkan bahwa belakangan ini juga dikenal dengan
sistem perencanaan partnership planning. Sistem ini merupakan gabungan
antara sistem yang ada sejak orba tadi dan sistem button up planning
yang belaku saat ini. Dalam sistem ini menitikberatkan pada bangunan
jaringan (connection) antara pemerintah dengan dunia usaha,
“sebab pemerintah tidak mampu untuk membiayai seluruh kebutuhan.”
Ujarnya. Meski cukup rumit, sistem ini namun tidak menutup kemungkinan
sistem ini akan digunakan.
“Para
perencana di sini jangan sekedar sebagai agen, tapi bagian dari
pengembangan pendidikan Islam. Sekali lagi saya berharap, karena kita
berada dalam sistem buuton up planning ini agar para perencana tidak
keluar dari koridor untuk mengembangkan akses pemerataan dan peningkatan
mutu pendidikan madrasah, relevansi dan daya saing madrasah serta tata
kelola birokrasi. Jadi semua harus bermuara pada tiga hal itu.”
Pungkasnya. (sholla/mss)
Label:
Berita
09.01
Pengertian Media Pembelajaran
Media pembelajaran secara umum adalah alat bantu proses belajar mengajar.
Segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran,
perasaan, perhatian dan kemampuan atau ketrampilan pebelajar sehingga
dapat mendorong terjadinya proses belajar. Batasan ini cukup luas dan
mendalam mencakup pengertian sumber, lingkungan, manusia dan metode yang dimanfaatkan untuk tujuan pembelajaran / pelatihan.
Sedangkan menurut Briggs (1977) media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran seperti : buku, film, video dan sebagainya. Kemudian menurut National Education Associaton(1969) mengungkapkan bahwa media pembelajaran adalah sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun pandang-dengar, termasuk teknologi perangkat keras.
Posisi media pembelajaran.
Oleh karena proses pembelajaran merupakan proses komunikasi dan
berlangsung dalam suatu sistem, maka media pembelajaran menempati posisi
yang cukup penting sebagai salah satu komponen sistem pembelajaran.
Tanpa media, komunikasi tidak akan terjadi dan proses pembelajaran
sebagai proses komunikasi juga tidak akan bisa berlangsung secara
optimal. Media pembelajaran adalah komponen integral dari sistem
pembelajaran
Dari pendapat di atas disimpulkan bahwa media pembelajaran
adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan pesan, dapat merangsang
fikiran, perasaan, dan kemauan peserta didik sehingga dapat mendorong
terciptanya proses belajar pada diri peserta didik.
Menurut Edgar Dale, dalam dunia pendidikan, penggunaan media pembelajaran
seringkali menggunakan prinsip Kerucut Pengalaman, yang membutuhkan
media seperti buku teks, bahan belajar yang dibuat oleh guru dan
“audio-visual”.
Ada beberapa jenis media pembelajaran, diantaranya :
- Media Visual : grafik, diagram, chart, bagan, poster, kartun, komik
- Media Audial : radio, tape recorder, laboratorium bahasa, dan sejenisnya
- Projected still media : slide; over head projektor (OHP), in focus dan sejenisnya
- Projected motion media : film, televisi, video (VCD, DVD, VTR), komputer dan sejenisnya.
Pada hakikatnya bukan media pembelajaran itu sendiri yang menentukan hasil belajar. Ternyata keberhasilan menggunakan media pembelajaran dalam proses pembelajaran
untuk meningkatkan hasil belajar tergantung pada (1) isi pesan, (2)
cara menjelaskan pesan, dan (3) karakteristik penerima pesan. Dengan
demikian dalam memilih dan menggunakan media, perlu diperhatikan ketiga
faktor tersebut. Apabila ketiga faktor tersebut mampu disampaikan dalam media pembelajaran tentunya akan memberikan hasil yang maksimal.
Tujuan menggunakan media pembelajaran :
Ada beberapa tujuan menggunakan media pembelajaran, diantaranya yaitu :
- mempermudah proses belajar-mengajar
- meningkatkan efisiensi belajar-mengajar
- menjaga relevansi dengan tujuan belajar
- membantu konsentrasi mahasiswa
- Menurut Gagne : Komponen sumber belajar yang dapat merangsang siswa untuk belajar
- Menurut Briggs : Wahana fisik yang mengandung materi instruksional
- Menurut Schramm : Teknologi pembawa informasi atau pesan instruksional
- Menurut Y. Miarso : Segala sesuatu yang dapat merangsang proses belajar siswa
Tidak diragukan lagi bahwa semua media itu perlu dalam pembelajaran.
Kalau sampai hari ini masih ada guru yang belum menggunakan media, itu
hanya perlu satu hal yaitu perubahan sikap. Dalam memilih media pembelajaran,
perlu disesuaikan dengan kebutuhan, situasi dan kondisi masing-masing.
Dengan perkataan lain, media yang terbaik adalah media yang ada.
Terserah kepada guru bagaimana ia dapat mengembangkannya secara tepat
dilihat dari isi, penjelasan pesan dan karakteristik siswa untuk
menentukan media pembelajaran tersebut.
Label:
Pembelajaran
08.23
Kabar Kemendikbud Tentang Kebudayaan
Yogyakarta
--- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) saat ini sedang
menyusun cetak biru pembangunan kebudayaan. Cetak biru tersebut akan
dijadikan rujukan bagi pengambil keputusan di masa datang dalam
melakukan pembangunan.
"Siapapun yang jadi presiden untuk masa yang akan
datang, siapapun yang jadi mendikbud, siapapun yang jadi dirjen
kebudayan, sudah punya rujukan yang kuat tentang apa yang harus
dilakukan," kata Direktur Jenderal Kebudayaan Kacung Maridjan, sebelum
pembukaan Kongres Kebudayaan Indonesia tahun 2013 di Yogyakarta, Selasa
(8/10) sore.
Kacung mengatakan, selama ini kebudayaan masih
menjadi sektor belum menjadi arus utama (mainstream) dalam pembangunan
negara. Ke depan, kata Dia, pemerintah ingin menjadikan kebudayaan
sebagai arus utama pembangunan. "Artinya, setiap pembangunan yang
dilakukan punya basis kebudayaan yang kuat," katanya.
Kacung mengungkapkan, cetak biru ini akan berisi
pendekatan-pendekatan dan strategi yang akan dipakai dalam pembangunan
berbasis kebudayaan. Sasarannya adalah policy maker yang ke
depan akan melanjutkan pembangunan. Hasil KKI ini pun nantinya akan
menjadi masukan dalam pembuatan cetak biru pembangunan kebudayaan
tersebut.
Ditjen Kebudayaan, kata Kacung, saat ini juga
sedang menganalisis indeks pembangunan kebudayaan. Setelah dianalisis,
nantinya akan didiskusikan dengan mengundang beberapa ahli. “Kita tidak
hanya mengukur ekonomi, tapi juga manusia dan budayanya,” katanya.
Dalam kesempatan yang sama, Wakil Menteri
Pendidikan dan Kebudayaan bidang Kebudayaan (Wamenbud) Wiendu Nuryanti
mengatakan, kebudayaan perlu mendapat tempat yang sentral. Salah satu
bentuk kongkret adalah memiliki kementerian sendiri. Untuk
merealisasikannya, kata Dia, yang paling mendasar salah satunya dengan
undang-undang kebudayaan. “UU ini sudah disusun dari sepuluh tahun yang
lalu. Sekarang draftnya sudah direvisi, mudah2an segera dapat direalisasikan,” katanya.
Dengan hadirnya undang-undang tersebut, kata
Wiendu, selanjutnya akan dibahas tentang hak berbudaya. Yaitu negara
wajib mengadakan dan memenuhi hak berbudaya masyarakat. (AR)
Label:
Berita
16.45
Silsilah Sunan Ampel diantaranya :
Ditulis Oleh : Aris Hidayat, S.Pd.I
Pengetahuan Agama Silsilah Sunan Ampel
Written By MI Ma'arif NU Karangnangka on Kamis, 03 Oktober 2013 | 16.45
Sunan Ampel pada masa kecilnya bernama Raden Rahmat, dan diperkirakan lahir pada tahun 1401 di Champa. Ada dua pendapat mengenai lokasi Champa ini. Ensyclopedia Van Nederlandesh Indie mengatatakn bahwa Champa adalah satu negeri kecil yang terletak di Kamboja. Pendapat lain, Raffles menyatakan bahwa Champa terletak di Aceh yang kini bernama Jeumpa. Menurut beberapa riwayat, orang tua sunan ampel adalah Makhdum Ibrahim (menantu raja Champa, ipar Dwarawati) alias Haji Bong Tak Keng (anak buah Sam Po Bo) yang menjafi Kapten Tionghoa (Suku Hui beragama islam bermadzhab Hanafi) di Champa. Dalam catatan Kronik cina dari Klenteng Sam Po Kong, Sunan Ampel dikenal sebagai Bong Swi Hoo. sedangkan yang mulia Ma Hong Fu (Kyai Bantong) menantu Bong Tak Keng ditempatkan sebagai duta besar Tiongkok di pusat kerajaan Majapahit. Puteri dari Kyai Bantong menikah dengan Prabu Brawijaya. Sayyid Rahmat merupakan keponakan dari Putri Champa permaisuri Prabu Brawijaya.
Raden Rahmat dan Raden Santri adalah anak Makhdum Ibrahim alias Haji Bong Tak Keng keturunan suku Hui dari Yunan yang merupakan percampuran bangsa Han/Tionghoa dengan bangsa Asia Tengah (Samarkand). Raden Rahmat, Raden Santri dan Raden Burereh ( cucu Raja Champa) pergi ke Majapahit mengunjungi bibi mereka Dwarawati yanh menjadi permaisuri raja Brawijaya.
Menurut Hikayat Banjar dan Kotawaringin, nama asli Sunan Ampel adalah Raja Bungsu, anak Sultan Pasai. Beliau datang ke Majapahit menyusul/menengok kakaknya yang diambil isteri oleh Raja Majapahit. Raja Majapahit saat itu bernama Dipati Hangrok dengan Mangkubuminya Patih Maudara. Dipati Hangrok telah memerintahkan menterinya Gagak Baning melamar Putri Pasai dengan membawa sepuluh buah perahu ke Pasai. Sebagai Kerajaan Islam, mulanya Sultan Pasai keberatan jika putrinya dijadikan isteri Raja Majapahit, tetapi karena takut binasa kerajaannya akhirnya putri tersebut diberikan juga. Putri Pasai dengan raja Majapahit memperoleh anak laki-laki. Karena rasa sayangnya kepada putri Pasai melarang raja Bungsu pulang ke Pasai. Sebagai ipar Raja Majapahit Raja Bungsu kemudian meminta untuk tanah untuk menetap diwilayah pesisir yang dinamakan Ampelgading. Anak laki-laki dari putri pasai dengan raja majapahit tersebut kemudian dinikahkan dengan raja Bali. Anak dari puteri puteri pasai tersebut wafat ketika istrinya putri dari raja Bali mengandung tiga bulan karena dianggap akan membawa celaka bagi negeri tersebut, maka ketika lahir bayi tersebut dihanyutkan ke laut, ketapi kemudian dapat dipungut dan dipelihara oleh Nyai Sutapinatih, kelak disebut Pangeran Giri. Kelak ketika terjadi huru-hara di ibukota Majapahit Putri Pasai pergi ke tempat adiknya Raja Bungsu di Ampelgading.
Penduduk desa-desa sekitar memohon untuk dapat masuk islam kepada Raja Bungsu, tetapi Raja Bungsu sendiri merasa perlu meminta ijin terlebih dahulu kepada Raja Majapahit tentang proses islamisasi tersebut. Akhirnya Raja Majapahit berkenan memperbolehkan penduduk untuk beralih kepada agama islam. Petinggi daerah Jipang menurut aturan dari Raja Majapahit secara rutin menyerahkan hasil bumi kepada Raja Bungsu. Petinggi Jipang dan keluarga masuk islam. Raja Bungsu beristrikan puteri dari daerah Jipang tersebut, kemudian memperoleh dua orang anak yang tertua seorang perempuan diambil sebagai isteri oleh Sunan Kudus, sedang yang laki-laki sebagai Pangeran Bonang. Raja Bungsu sendiri disebut sebagai Pangeran Makhdum.
Silsilah Sunan Ampel diantaranya :
- Sunan Ampel/Raden Rahmat/Sayyid Ahmad Rahmatillah bin
- Maulana Malik Ibrahim/Ibrahim Asmoro bin
- Syaikh Jumadil Qubro/Jamaluddin Akbar Khan bin
- Ahmad Jalaludin Khan bin
- Abdullah Khan bin
- Abdul Malik Al Muhajir bin
- Alawi Ammil Faqih bin
- Muhammad Sohob Mirbath
- Ali Kholi Qosam bin
- Alawi Ast Stasi bin
- Muhammad Sohibus Saumi'ah bin
- Alawi Awwal bin
- Ubaidillah bin
- Ahmad Al Muhajir
- Isa Ar Rumi
- Muhammad An Naqib bin
- Ali Uraidhi bin
- Ja'far Ash Shodiq bin
- Muhammad Al Baqir bin
- Ali Zaenal Abidin bin
- Imam Husai bin
- Ali bin Abi Thalib dan Fatimah Az Zahro binti Muhammad saw
Label:
Pengetahuan Agama
05.53
Pengetahuan Agama Silsilah Sunan Gresik
Written By MI Ma'arif NU Karangnangka on Selasa, 01 Oktober 2013 | 05.53
Sunan Gresik atau Maulana Malik Ibrahin (wafat 1419 M/882 H) adalah nama salah seorang Wali Songo yang dianggap pertama kali menyebarkan agama Islam di tanah Jawwa. Ia dimakamkan di desa Gapura, kota Gresik, Jawa Timur.
Tidak terdapat bukti sejarah yang meyakinkan mengenai asal keturunan Maulana Malik Ibrahim, meskipun disepakati bahwa ia bukanlah orang asli Jawa. Sebutan Syekh Maghribi yang diberikan masyarakat padanya, kemungkinan menisbatkan asal keturunannya Maghribi, atau Maroko di Afrika Utara.
Babad tanah Jaei versi J.J Meinsma menyebutkan dengan nama Makhdum Ibrahin as Samarqandy, yang mengikuti penguapan lidah Jawa menjadi Syekh Ibrahim Asmarakandi. Ia memperkirakan bahwa Maulana Malik Ibrahim lahir di Samarkand. Asia Tengah pada paruh awal abad 14.
Dalam keterangannya pada buku The History Of Java mengenai asal mula dan perkembangan kota Gresik, Raffles menyatakan bahwa menurut penuturan para penulis lokal, " Maulana Ibrahim, seorang Pandita terkenal berasal dari Arabia, keturunan dari Jenal Abidin, dan sepupu Raja Chermen (Sebuah negara Sabrang) telah menetap bersama para Mahomedans lainya di Desa Leran di Janggala."
Namun demikian, kemungkinan pendapat yang terkuat adalah berdasarkan pembacaan J.P. Moquette atas baris kelima tulisan pada prasasti makamnya di desa Gapura Wetan, Gresik, yang mengindikasikan bahwa ia berasal dari Kshan, Suatu tempat di Iran sekarang.
Terdapat beberapa pendapat mengenai silsilah Maulana Malik Ibrahim, Ia pada umumnya dianggap merupakan keturunan Rasulullah Saw, melalui jalur Husain bin Ali, Ali Zaenal Abidin, Muhammad Al Baqir, Ja'far Ash Shadiq, Ali Al Uraidhi, Muhammad Al Naqib, Isa Ar Rumi, Ahmad Al Muhajir, Ubadullah, Alwi Awwal, Muhammad Sahibus Saumiah, Alwi Ast Stani, Ali Khali Qasam, Muhammad Shahib Mirbath, Alwi Ammi Al Faqih, Abdul Malik (Ahmad Khan), Abdullah (Al Azhamat) Khan, Ahmad Syah Jalal, Jamaluddin Akbar Al Husain (Maulana Akbar), dan Maulana Malik Ibrahim.
Demikian Sejarah singkat silsisal Sunan Gresik apabila ada kesalahan kami mohon maaf.
Ditulis Oleh : Aris Hidayat, S.Pd.I
Label:
Pengetahuan Agama
Perencanaan Pembelajaran
Pencanaan pembelajaran adalah proses pengambilan keputusan hasil berpikir secara rasional tentang sasaran dan tujuan pembelajaran ...